"Sea food" Pak Sangklak, kelezatan yang terjangkau

id sea food, pak sangklak, semarang

Makanan laut di kedai Pak Sangklak (Foto: Sri Sugiarti)

Semarang (ANTARA) - Mau santap sea food porsi jumbo yang tidak bikin dompet jomblo? 

Kedai Spesial Sea Food Pak Sangklak bisa mengakomodasi dua kepentingan tersebut. 

Menu makanan laut selama ini nyaris identik dengan harga mahal. Apalagi bila yang diinginkan adalah kepiting atau udang ukuran besar.

Kedai Pak Sangklak menghapus cap tersebut. Kepiting bertelur berukuran sedang bisa ditebus Rp150.000 untuk dua ekor. 

Belasan udang gendut yang tersaji di piring cukup ditebus dengan harga Rp100.000. Ikan bawal laut dengan berat 9 ons juga dihargai kurang dari Rp100.000.

Bagi kebanyakan orang, tiga menu favorit tersebut sudah bisa mencukupi kebutuhan 5-6 orang. Ditambah satu bakul nasi putih, ca kangkung, minuman, dan kelapa muda yang juga dijual dengan harga wajar, praktis setiap orang cukup iur Rp100.000.

Kelezatan masakan dengan harga terjangkau itulah yang menjadikan kedai Pak Sangklak senantiasa ramai. 

Kendati lokasinya di pinggiran Ibu Kota Jawa Tengah, tepatnya di Jalan Telagamas Raya No.1 B Kota Semarang, kedai yang buka mulai pagi hingga malam ini nyaris tidak pernah lowong, termasuk ketika disambangi pada libur Hari Buruh (1 Mei 2019)..

Pada jam makan siang malah lebih ramai karena banyak pegawai kantor  lunch secara berjamaah.
 
Kedai Spesial Sea Food Pak Sangklak (Foto: AZM)

Jadi, kalau ingin lebih santai menikmati kepiting, udang, kerang, hingga aneka ikan, sebaiknya mengambil waktu di luar jam makan siang.

Betapa tidak asyiknya ketika baru mencecap manis dan gurihnya daging kepiting dari cangkangnya, di belakang ada orang yang antre tempat yang kita duduki.

Mengunyah udang gendut goreng mentega tentu harus dinikmati secara perlahan, agar bumbu yang merasuk ke tubuh si bungkuk ini ikut terasakan nikmatnya.

Bila Anda termasuk kelompok yang menolak menyantap hewan laut tak berduri seperti udang dan cumi, ada banyak ikan yang tak kalah sedapnya.

Sebagai penggemar bawal laut, menu yang satu ini tidak pernah absen di meja ketika kami menyambangi kedai Pak Sangklak. 

Tinggal pilih goreng atau bakar. Sudah mencoba keduanya. Sama lezatnya, dengan daging bawal yang begitu tebal.

Sebagai pelengkap, tersedia ca kangkung dan taoge. Porsinya memang tidak terlalu banyak tapi cukup untuk menambah selera makan.

Oh ya, yang bikin nyaman di kedai ini adalah kebersihannya. Sepanjang menyantap aneka masakan, nyaris tidak ada lalat beterbangan di sekitar meja. Padahal, bangunan kedai ini terbuka.
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar