DPRD minta Pemkab Kudus buka peluang investasi pariwisata

id pemkab kudus, diminta buka, peluang investasi, sektor pariwisata

DPRD minta Pemkab Kudus buka peluang investasi pariwisata

Lokasi pemandian alami yang berada di Pegunungan Rahtawu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang masih mungkin dikembangkan oleh investor. (Foto : Akhmad Nazaruddin Lathif)

Kudus (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diminta membuka peluang investasi pariwisata karena sektor tersebut termasuk salah satu yang potensial dikembangkan di Kudus, kara Ketua DPRD Kabupaten Kudus Achmad Yusuf Roni.

"Potensi investasi di bidang pariwisata bisa dipublikasikan secara masif agar diketahui khalayak," ujarnya saat rapat paripurna dengan agenda rekomendasi terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Kudus akhir tahun anggaran 2018 di DPRD Kudus, Selasa.

Apabila banyak investor yang masuk, diharapkan bisa turut mendongkrak kunjungan wisata di Kudus.

Sebelumnya, kata dia, sarana dan prasarana penunjang objek wisata juga perlu ditingkatkan sehingga wisatawan yang berkunjung akan tertarik berkunjung kembali.

Pada kesempatan tersebut, dia juga mengajak pemerintah maupun masyarakat untuk ikut melestarikan wisata religi di Kabupaten Kudus agar daya tariknya semakin bertambah.

Sementara itu, Bupati Kudus Muhammad Tamzil menanggapi rekomendasi dari DPRD Kudus terkait laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Kudus akhir tahun anggaran 2018 mengungkapkan masukan tersebut cukup bagus.

"Kami juga akan menindaklanjuti agar ke depannya lebih bagus," ujarnya.

Terkait pembiayaan, kata dia, sejauh ini tidak ada kendala, meskipun pelaksanaan di lapangan memang ada skala prioritas ternyata memang ada yang belum tepat.

Objek wisata andalan di Kabupaten Kudus, berupa dua makam wali, yakni Makam Sunan Kudus dan Makam Sunan Muria yang jumlah kunjungannya sangat mendominasi dibandingkan objek wisata lainnya.

Selain wisata sejarah seperti Situs Patiayam, kini Pemkab Kudus juga memiliki objek wisata baru berupa Bendungan Logung yang tengah dilengkapi sarana dan prasarana penunjang.

Kawasan pegunungan, terutama Gunung Muria juga menjadi daya tarik investor karena banyak yang menanamkan investasinya untuk dibuat wisata permainan.

Selain itu, di kawasan pegunungan Rahtawu juga dikembangkan wisata pemandian alam, meskipun masih didominasi investor lokal dengan konsep pengembangan yang masih sederhana. 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar