Petugas gabungan pantau harga dan stok bahan pokok jelang Ramadhan

id pantauan harga kemendag

Petugas gabungan pantau harga dan stok bahan pokok jelang Ramadhan

Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antarlembaga Eva Yuliana (kanan) berbincang dengan salah seorang pedagang di Pasar Johar Semarang. (Foto: Wisnu Adhi)

Semarang (ANTARA) - Petugas gabungan dari Kementerian Perdagangan, Dinas Perindustrian, dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Satgas Pangan, serta Perum Bulog memantau harga dan ketersediaan kebutuhan pokok menjelang Ramadhan dan Lebaran 2019.

Pemantauan harga dan stok kebutuhan pokok tersebut dilakukan ke sejumlah pedagang di tempat relokasi Pasar Johar Semarang, Rabu.

Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antarlembaga Eva Yuliana mengaku bersyukur karena berbagai kebutuhan pokok di Kota Semarang tidak mengalami kekurangan stok ataupun kenaikan harga yang berarti.

"Alhamdulillah, bahan pokok tercukupi, artinya dari stok dan harga stabil berdasarkan pemantauan yang kami lakukan bersama petugas terkait," katanya usai memimpin pemantauan langsung ke sejumlah pedagang.

Menurut dia, ketersediaan stok dan kestabilan harga kebutuhan pokok itu merupakan hasil kerja sama yang baik antara semua pihak terkait.

"Harga cabai malah turun, harga telur naik sedikit, tapi masih wajar, sedangkan harga gula, beras, dan daging sapi juga masih wajar. Itu menunjukkan antara suplai dan demand stabil," ujarnya.

Kendati demikian, Eva tidak menampik adanya kenaikan harga komoditas berupa bawang merah dan bawang putih di masyarakat yang disebabkan hasil panen petani lokal yang belum banyak serta terganggu fluktuasi cuaca.

"Kami lakukan upaya yang Insya Allah dalam seminggu ke depan harga bawang merah dan putih turun karena panen mulai banyak," katanya.

Ia menegaskan pemerintah terus berupaya meningkatkan produksi bawang merah dan bawang putih agar harga stabil serta dapat mencukupi kebutuhan masyarakat di dalam negeri.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar