Gali ide kreatif pelajar, Boyolali gelar lomba TTG

id Lomba TTG,gali ide kreatif pelajar Boyolali

Gali ide kreatif pelajar, Boyolali gelar lomba TTG

Wakil Bupati Boyolali M Said Hidayat saat meninjau es krim dari sayuran hasil karya peserta lomba Teknologi tepat guna (TTG) tingkat pelajar SMA/SMK di Boyolali, Selasa. (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

Boyolali (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Pemerintah Kabupaten Boyolali menggelar lomba teknologi tepat guna (TTG) tingkat SMA/SMK, untuk menggali ide kreatif para pelajar.

"Dengan perkembangan teknologi saat ini, lomba TTG diharapkan mampu mempermudah pekerjaan manusia dengan berbagai penemuan yang memanfaatkan teknologi," kata Kepala Dispermasdes Kabupaten Boyolali Purwanto, di sela acara pembukaan lomba TTG 2019 di Boyolali, Selasa.

Purwanto mengatakan pada lomba TTG diikuti sebanyak 25 kelompok SMA/SMK, dan diharapkan para pelajar mampu memunculkan ide dan gagasan untuk membantu pemecahan persoalan di masyarakat.

"Kami berharap dengan lomba ini, mampu menggali inovasi dan kreativitas pelajar SMA/SMK/Sederajat di Boyolali. Dan, memunculkan produk teknologi tepat guna unggulan dari para pelajar yang menjaid peserta," kata Purwanto.

Wakil Bupati Boyolali M. Said Hidayat yang membuka acara tersebut menilai kegiatan lomba teknologi tepat guna dapat diselenggarkan secara rutin setiap tahun. Produk dari lomba itu, dapat dikembangkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas.

Hal tersebut, kata M Said menunjukan bahwa anak-anak di Kabupaten Boyolali mampu berinovasi karyanya, dan hasilnya diharapkan dapat dimanfaatkan oleh warga Kabupaten Boyolali.

"Kami hasil lomba TTG ini, ke depan benar-benar dapat dikembangkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat," katanya.

Menyinggung soal banyaknya inovasi yang diciptakan oleh para pelajar, dia meminta agar seluruh produk dapat diinventarisir dengan baik.

“Kami melihat yang sekiranya dapat dikembangkan dan menjadi program melalui Dispermasdes," katanya.

Pada penyelenggaran tahun sebelumnya, kata dia, banyak produk pertanian hasil kreativitas para pelajar, dan kali ini berbagai bidang mulai dilirik untuk dikembangkan. Contohnya, produk kecantikan, alat pengukur tinggi badan dengan sensor, berbagai produk pupuk, olahan makanan dan sebagainya.  
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar