Polres Batang jamin keamanan rekapitulasi suara

id Polres Batang, rekapitulasi suara

Polres Batang jamin keamanan rekapitulasi suara

Kepala Kepolisian Resor Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga saat melakukan pantauan proses rakapitulasi suara di tingkat panitian pemilihan kecamatan (PPK). (Foto Kutnadi)

Batang (ANTARA) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, menjamin keamanan dan memastikan proses rekapitulasi perolehan suara dan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 bakal berlangsung lancar.

Kepala Polres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga di Batang, Minggu, mengatakan bahwa Polri berkomitmen menjaga keamanan dan kelancaran rekapitulasi perolehan suara dengan menerjunkan anggotanya siaga di setiap kecamatan.

"Selain menjaga keamanan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), kami siagakan sejumlah anggota di setiap kecamatan karena saat ini proses rekapitulasi perolehan suara masih di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK)," katanya.

Edi yang didampingi Kabag Operasional Kompol Hartono mengatakan untuk memastikan keamanan dan kelancaran kondisi wilayah, Polres bersama Bawaslu melakukan pantauan ke beberapa kecamatan.

"Proses rekapitulasi perolehan suara terus kami kawal tahap demi tahap agar semuanya bisa berjalan tanpa ada kendala," katanya.

Selain itu, kata dia, polisi juga melaksanakan pengamanan kotak suara di PPK dan diperintahkan meningkatkan keamanannya dan mengingatkan pada petugas PPK melarang jika ada orang yang tidak berkepentingan masuk ke dalam gudang logistik pemilu.

"Anggota Polri yang bertugas di PPK untuk selalu bersinergi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan petugas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam melaksanakan pengamanan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak terbelah setelah pesta demokrasi selesai dan menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami minta jangan mengeluarkan pernyataan yang memancing, terutama di media sosial. Pesta demokrasi sudah selesai sehingga kami mengajak masyarakat menjadi warga yang baik dengan menjaga keutuhan NKRI," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar