KPU Banyumas musnahkan puluhan ribu surat suara rusak (VIDEO)

id pemusnahan surat suara, kpu banyumas

KPU Banyumas musnahkan puluhan ribu surat suara rusak (VIDEO)

Ketua KPU Kabupaten Banyumas Imam Arif Setiadi, Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, dan anggota Bawaslu Kabupaten Banuumas Asep Hendri Habibulloh saat memusnahkan surat suara rusak dengan cara membakar di TPST Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Selasa (16/4/2019) siang. (Foto: Sumarwoto)

Purwokerto (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, memusnahkan puluhan ribu surat suara rusak, cacat, dan sisa dari percetakan sebagai upaya untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan termasuk penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pemusnahan yang dilakukan dengan cara dibakar di Tempat Penampungan Sampah Terpadu (TPST) Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Selasa siang, dipimpin Ketua KPU Kabupaten Banyumas Imam Arif Setiadi serta disaksikan Kepala Kepolisian Resor Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Bambang Yudhantara Salamun dan anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas Asep Hendri Habibulloh.

Saat ditemui wartawan di sela-sela pemusnahan, Ketua KPU Kabupaten Banyumas Imam Arif Setiadi mengatakan surat suara yang dimusnakan tersebut merupakan surat suara yang rusak, cacat atau tidak layak pakai, dan sisa surat suara dari percetakan.

"Hari ini, kami musnahkan 26.369 lembar surat suara terdiri atas surat suara pemilihan presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Tengah, dan DPRD Kabupaten Banyumas untuk enam daerah pemilihan," ungkapnya.

Dalam hal ini, kata dia, surat suara yang dimusnahkan terdiri atas 149 lembar surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta 4.241 lembar surat suara Pemilu Anggota DPD RI.

Selain itu, 8.212 lembar surat suara Pemilu Anggota DPR RI Dapil Jateng VIII dan 6.114 lembar surat suara Pemilu Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Dapil Jateng 11.

Kemudian untuk surat suara Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Banyumas yang dimusnahkan terdiri atas 1.645 lembar surat suara Dapil Banyumas 1, 2.638 lembar surat suara Dapil Banyumas 2, 347 lembar surat suara Dapil Banyumas 3, 1.013 lembar surat suara Dapil Banyumas 4, 803 lembar surat suara Dapil Banyumas 5, dan 1.207 lembar surat suara Dapil Banyumas 6.
"Pascapemusnahan ini, perlu kami sampaikan bahwa di KPU, di PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), dan di PPS (Panitia Pemungutan Suara) tidak ada lagi surat suara," kata Imam.

Ia memastikan pascapemusnahan tersebut, surat suara yang beredar hanya surat suara yang ada di tempat pemungutan suara (TPS) untuk digunakan oleh pemilih saat pencoblosan pada tanggal 17 April 2019. "Surat suara di TPS sudah tercukupi," tegasnya.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar