Ribuan warga Batang berebut gunungan hasil bumi

id Kirab budaya, gunungan hasil bumi batang,HUT Ke 53 Batang jateng

Ribuan warga Batang berebut gunungan hasil bumi

Ribuan warga memperebutkan gunungan hasil bumi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Batang di Batang, Jawa Tengah, Senin (8/4/2019). (ANTARA/ Kutnadi)

Batang (ANTARA) - Ribuan warga memperebutkan gunungan hasil bumi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-53 Kabupaten Batang, Senin sore.

Mereka tampak rela berdesak-desakan bahkan sampai terjatuh hanya sekadar memperoleh gunungan hasil bumi seperti tomat, kol, cabai, timun, terong, dan kacang panjang.

Kirab budaya  tersebut menyedot ribuan warga dimulai dari Jalan Veteran, Jalan Achmad Yani, Jalan Gajah Mada, Jalan Brigjen Katamso, dan berakhir di Pendopo Bupati Batang.  

Bupati Batang Wihaji  mengatakan bahwa tradisi gunungan hasil bumi tersebut sudah menjadi agenda setiap tahunnya saat penyelenggaraan HUT Kabupaten Batang.

"Tradisi gunungan hasil bumi ini memang menarik dan unik sehingga ditunggu masyarakat. Tradisi ini sekaligus sebagai bentuk wujud syukur warga dengan hasil bumi yang melimpah," katanya.

Ia yang didampingi Wakil Bumi Suyono mengatakan pada rangkaian HUT Ke-53 Batang ini juga diselenggarakan berbagai kegiatan seperti kirab budaya dan lomba paralayang yang akan diikuti oleh sejumlah atlet nasional.

Ke depan, kata dia, pemkab berusaha  menyelenggarakan kegiatan kirab budaya yang lebih meriah, menarik, dan inovatif agar menjadi daya tarik masyarakat dan pengunjung.

"Kirab budaya yang diselenggarakan pada hari ini sudah ramai. Namun, kami ke depan dalam rangkaian HUT Batang berkeinginan bikin kegiatan ini lebih meriah dan inovatif," katanya.



 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar