Parpol diajak junjung nilai demokrasi

id Bupati pekalongan

Parpol diajak junjung nilai demokrasi

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi bersama Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan dan penyelenggaran Pemilu 2019 melepas pawai Pemilu Damai. (Foto: Kutnadi)

Pekalongan (ANTARA) - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengajakpartai politik peserta Pemilu 2019 menjunjung nilai-nilai demokrasi dan penyelenggara pemilu melakukan tugasnya secara profesional agar pelaksanaan pesta demokrasi berlangsung aman, damai, dan berkualitas.

"Parpol peserta pemilu sebagai instrumen demokrasi, kami mohon harus terus melakukan pembinaan pada konstituen agar Pemilu 2019 berlangsung aman, damai, dan berkualitas. Demikian bagi penyelenggara pemilu melaksanakan tugasnya sesuai aturan dan profesional,' katanya saat acara Ikrar Damai dan Pemilu Damai di Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu.

Ia mengatakan kegiatan ikrar damai ini tidak sekadar dalam kata-kata tetapi dapat dipahami dan elaborasi secara nyata.

"Semua sudah sepakat. Saya berpesan pada parpol peserta pemilu agar pelaksanaan pesta demokrasi ini tidak merusak persatuan dan persaudaraan," katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Asip mengingatkan pada penyelenggara pemilu agar melaksanakan tugasnya secara profesional dan dapat meningkatkan angka partisipasi para pemilih.

"Menurut saya, pemilu berkualitas adalah dengan meningkatnya keterlibatan masyarakat untuk memilih pada pelaksanaan pesta demokrasi nanti. Saya berharap angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mampu mencapai 80 persen atau naik dibanding sebelumnya 75 persen," katanya.

Ia mengatakan penyelenggara pemilu perlu memperhatikan pada pemilih milenial agar angka tingkat partisipasi pemilu naik dan berkualitas.

"(Penyelenggara pemilu) perlu melakukan sosialisasi para pemilih milenial agar mereka mau berbondong-bondong ke bilik tempat pemungutan suara (TPS) untuk menentukan pilihannya sesuai hati nuraninya," katanya.
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar