Dekranasda: IKM kerajinan berpotensi kembangkan ekonomi lokal

id dekranasda banyumas

Dekranasda: IKM kerajinan berpotensi kembangkan ekonomi lokal

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banyumas Erna Setyawati Achmad Husein. (Foto: Dok. Pemkab Banyumas)

Purwokerto (ANTARA) - Industri kecil dan menengah (IKM) kerajinan memiliki potensi yang cukup strategis bagi pengembangan ekonomi lokal, kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banyumas Erna Setyawati Achmad Husein.

"Hal itu disebabkan IKM kerajinan tumbuh dari hasil karya seni dan nilai-nilai budaya daerah," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat.

Di sisi lain, kata dia, tumbuh kembangnya IKM kerajinan yang tersebar di segala penjuru Kabupaten Banyumas merupakan potensi yang besar untuk mengurangi angka pengangguran dan angka kemiskinan serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para pelaku industri tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh pengurus dan anggota Dekranasda Kabupaten Banyumas untuk tetap bersemangat dalam mengemban amanah sesuai dengan tujuan dibentuknya Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

"Dalam hal ini, tujuan dibentuknya Dekranas adalah sebagai mitra pemerintah dalam membantu, membina, dan mengembangkan kerajinan," katanya.

Sebagai lembaga independen dan nirlaba yang bermitra dengan pemerintah, kata dia, Dekranasda diharapkan bisa menjadi jembatan bagi kepentingan masyarakat serta mempercepat proses pembinaan dan pengembangan produk kerajinan sesuai dengan potensi budaya daerah.

Terkait dengan hal itu, Erna mengajak pengurus dan anggota Dekranasda agar terus meningkatkan kerja sama yang konstruktif, harmonis, dan sinergis dalam rangka pelestarian, penumbuhan, serta pengembangan industri kerajinan di Kabupaten Banyumas.

Ia mengharapkan dengan adanya pembinaan yang terintegrasi dan berkesinambungan, industri kerajinan di Kabupaten Banyumas bisa tumbuh, lebih berkembang, dan memiliki daya saing sehingga mampu bertahan serta berkompetisi dengan produk kerajinan dari daerah lain yang bermuara pada meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan pelakunya.

"Saya juga mengharapkan seluruh pengurus dan anggota Dekranasda bisa bersinergi, berkolaborasi, dan gotong royong sebagai sebuah tim kerja yang hebat untuk mengembangkan serta melestarikan industri kerajinan di Kabupaten Banyumas," katanya.

Selain itu, lanjut dia, melakukan pembinaan kepada pelaku industri kerajinan yang selama ini turut berperan dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan.
 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar