Fakultas Ilmu Kesehatan UMP buka pendaftaran dua prodi baru

id Prodi baru fikes

Fakultas Ilmu Kesehatan UMP buka pendaftaran dua prodi baru

Ilustrasi - Mahasiswi Fikes UMP saat praktik mengukur tekanan darah. (Foto: Dok. Humas UMP)

Purwokerto (ANTARA) - Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, membuka pendaftaran dua program studi baru pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2019. 

"Dua program studi (prodi) baru yang terdiri atas Prodi Teknologi Rekayasa Elektromedik dan Prodi Teknik Radiologi Pencitraan itu berstrata sarjana terapan (D4)," kata Dekan Fikes UMP Drs. Ikhsan Mujahid, M.Si. di Purwokerto, Jumat.

Ia mengatakan pembukaan prodi baru tersebut ditujukan untuk menjawab tantangan perkembangan pemanfaatan teknologi kesehatan yang kian pesat pada pelayanan rumah sakit.

Menurut dia, tantangan itu meliputi data, teknologi, dan sumber daya manusia. 

"Nyaris di semua rumah sakit memanfaatkan teknologi kesehatan. Itu sebagai standar pelayanan rumah sakit," katanya.

Lebih lanjut, Ikhsan mengatakan di Jawa Tengah, baru empat universitas yang memiliki dua prodi tersebut sehingga kesempatannya masih terbuka luas.

Menurut dia, angkatan pertama untuk kedua prodi tersebut masing-masing dibuka dengan kuota sebanyak 40 mahasiswa dan teknis pendaftarannya akan dilayani oleh Bagian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMP.

"Dengan bertambahnya dua prodi baru tersebut, Fikes UMP pada tahun 2019 memiliki sembilan program studi, yakni D3 keperawatan, D3 kebidanan, S1 keperawatan, S1 kebidanan, Ners atau profesi tenaga kesehatan, profesi kebidanan, D4 teknologi laboratorium medik, D4 teknologi rekayasa elektromedik, dan D4 teknologi radiologi pencitraan," katanya.

Selain sembilan program studi tersebut, kata dia, Fikes UMP juga sedang mengusulkan empat program studi baru yang masih menunggu persetujuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, yakni S1 perekam informasi kesehatan, D4 keperawatan anestesi, dan D3 teknologi bank darah serta S2 atau magister kesehatan. 

Menurut dia, UMP secara kapasitas sudah mampu membuka program magister kesehatan karena saat ini sudah memiliki empat doktor ilmu keperawatan dan satu doktor bidang kesehatan. (tgr)
 
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar