Ida Fauziyah: Jokowi komitmen tingkatkan kualitas SDM Indonesia

id Perempuan NU

Ida Fauziyah: Jokowi komitmen tingkatkan kualitas SDM Indonesia

Ketua Umum Jaringan Perempuan NU Ida Fauziyah memberi arahan dalam rapat konsolidasi Jaringan Perempuan NU Wonosobo di Wonosobo, Minggu. (Foto: I.C.Senjaya)

Wonosobo (ANTARA) - Ketua Umum Jaringan Perempuan Nahdlatul Ulama (NU) Ida Fauziyah menegaskan komitmen calon Presiden Joko Widodo dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

"Banyak program Pak Jokowi yang jelas dan fokus pada pengembangan SDM," kata Ida saat memberi pengarahan dalam rapat konsolidasi Jaringan Perempuan NU Kabupaten Wonosobo di Wonosobo, Minggu.

Sejumlah program Jokowi yang berorientasi pada peningkatan SDM, menurut dia, antara lain kartu sembako, KIP kuliah, kartu prakerja, serta SDM premium.

Ia menjelaskan Kartu Sembako ditujukan bagi rakyat berpenghasilan rendah yang diharapkan dapat membeli bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Ia menilai kebutuhan dasar rakyat harus benar-benar dipenuhi oleh pemerintah.

Program itu, lanjut dia, nantinya akan berjalan beriringan dengan Program Keluarga Harapan dan Bantuan Pangan Nontunai.

Selanjutnya, kata dia, KIP Kuliah yang merupakan kelanjutan dari Kartu Indonesia Pintar (KIP).

"Program ini merupakan terbosan agar pelajar bisa menyelesaikan pendidikan tinggi tanpa terbebani biaya kuliah," kata mantan Ketua Umum Fatayat ini.

Pemerintahan Jokowi-Amin Ma'ruf nantinya juga akan menjalankan Kartu Prakerja yang tujuannya untuk menyiapkan tenaga kerja Indonesia yang memiliki kemampuan dan keterampilan di dunia kerja.

"Pemerintah hadir untuk memberikan kemampuan dan peluang kerja melalui balai latihan kerja yang tersebar di berbagai wilayah," katanya.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar