Bawaslu sosialisasi pengawasan pemilu lewat senam sehat perempuan

id bawaslu purworejo, senam sehat perempuan

Bawaslu sosialisasi pengawasan pemilu lewat senam sehat perempuan

Perempuan Kabupaten Purworejo foto bersama Ketua Bawaslu Purworejo Nur Kholiq (tengah) setelah senam sehat sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu 2019, Jumat (22/2). (Foto: Dok. Humas Bawaslu Purworejo)

Kami memandang penting membangkitkan gerakan pengawasan partisipatif dalam pemilu
Magelang (Antaranews Jateng) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purworejo menyelenggarakan sosialisasi pengawasan Pemilu 2019 melalui kegiatan senam sehat dengan peserta ratusan perempuan.
 
"Para peserta itu diundang secara khusus untuk ikut dalam kegiatan yang mengintegrasikan olahraga dengan kegiatan pengawasan pemilu. Alhamdulillah respons dari peserta sangat bagus," kata Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Purworejo Anik Ratnawati dalam keterangan tertulis yang diterima di Magelang, Sabtu.
 
Ratusan perempuan yang terlibat dalam senam sehat di halaman Kantor Kecamatan Pituruh itu, berasal dari tiga kecamatan di daerah selatan Provinsi Jawa Tengah tersebut, yakni Pituruh, Kemiri, dan Gebang.
 
Ia menjelaskan tentang pentingnya perempuan terlibat dalam pengawasan pemilu partisipatif.
 
"Senam sehat perempuan tersebut serangkaian kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif untuk kelompok sasaran. Kami memandang penting membangkitkan gerakan pengawasan partisipatif dalam pemilu," ujar dia.
 
Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo Nur Kholiq mengatakan senam sehat menjadi salah satu instrumen untuk penguatan gerakan pengawasan partisipatif pemilu di daerah setempat.
 
"Kami terus menggelorakan semangat pelibatan rakyat dalam kegiatan pengawasan pemilu, salah satunya melalui kegiatan senam untuk kelompok sasaran para perempuan," kata dia.
 
Ia menjelaskan kelompok perempuan dipilih sebagai sasaran sosialisasiitu karena posisi dan peranan mereka yang strategis untuk menyukseskan pemilu pada 17 April 2019.
 
"Jumlah pemilih perempuan itu jauh lebih banyak dibandingkan laki-laki. Oleh karena itu, kami melihat kelompok perempuan ini perlu dilibatkan dan mendapat perhatian secara khusus," katanya.
 
Seorang peserta senam, Nanik (35), mengaku senang ikut kegiatan itu karena selain berolahraga supaya badan tetap sehat juga mendapatkan pengetahuan yang memadai tentang pentingnya pengawasan pemilu.
 
Camat Pituruh Siti Khoiriyah menyambut baik senam sehat perempuan pengawas pemilu partisipatif yang diselenggarakan Bawaslu tersebut.
 
"Atas nama pemerintah dan warga di Pituruh, kami ucapkan terima kasih karena kegiatan ini dilaksanakan di Pituruh. Kami berharap kegiatan ini semakin menguatkan semangat masyarakat untuk turut serta menyukseskan pemilu," katanya.   
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar