PDAM Kudus targetkan penambahan 3.750 pelanggan baru

id pdam kudus, targetkan, penambahan 3.750 pelanggan, baru

PDAM Kudus targetkan penambahan 3.750 pelanggan baru

Gerai pendaftaran sambungan rumah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Kamis (14/2). (FOTO: Akhmad Nazaruddin Lathif)

Kudus (Antaranews Jateng) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menargetkan penambahan pelanggan baru sebanyak 3.750 pelanggan selama tahun 2019, kata Direktur PDAM Kudus Ahmadi Syafa.
     
"Kami optimistis bisa mencapai target tersebut karena banyak program menarik yang ditawarkan kepada masyarakat," ujarnya di Kudus, Kamis.
     
Ia mengungkapkan dari target sebanyak itu, sebagian merupakan sambungan rumah melalui program masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
     
Adapun jumlah sambungan untuk program MBR selama 2019 sebanyak 2.600 sambungan, termasuk penambahan 5 persen sebagai cadangan.
     
Program MBR tersebut, katanya, selama ini sangat diminati masyarakat Kudus karena program bersubsidi.
     
Biaya pemasangan sebelumnya, kata dia, sebesar Rp1,7 juta untuk setiap pelanggan dengan adanya promo tersebut biayanya untuk setiap sambungan rumah hanya Rp550 ribu.
     
Realisasi penyambungan pelanggan program MBR, katanya, menunggu survei dasar dari konsultan yang ditunjuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.
     
Tahapan berikutnya, yakni verifikasi terhadap rumah tangga yang mengajukan penyambungan melalui program MBR tersebut karena ada beberapa persyaratan.
     
Di antaranya, memiliki daya listrik kurang dari 1.300 voltampere (VA), bangunan rumah tidak bertingkat dan tergolong keluarga miskin.
     
"Kami juga memiliki promo diskon pemasangan baru khusus selama Hari Ulang Tahun ke-27 PDAM Kudus," ujarnya.
     
Untuk pemasangan promo yang tidak ada ketentuan persyaratan seperti halnya program MBR, pelanggan hanya dibebani biaya pemasangan sebesar Rp1 juta.
     
Promo tersebut, kata dia, berlaku mulai 11 Februari hingga 11 Maret 2019.
     
Pelayanan lain yang bertujuan memanjakan masyarakat, yakni adanya program "one day service" untuk penyambungan pelanggan.
     
"Dalam satu hari bisa langsung menikmati saluran air bersih dari PDAM dengan biaya penyambungan sebesar Rp2 juta," ujarnya.
     
Adapun jumlah pelanggan PDAM Kudus saat ini mencapai 45.000 pelanggan yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Kudus.
     
Untuk memanjakan pelanggannya, PDAM Kudus dalam rangka HUT ke-27 juga menyediakan 2.000 paket sembako murah.
     
Paket sembako yang disediakan meliputi 2 kilogram gula pasir, 2 liter minyak goreng, 220 mililiter sabun cuci piring, dan dua bungkus mi instan dijual dengan harga Rp35 ribu. 
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar