Pasokan berkurang, harga bawang putih di Purwokerto melonjak

id pasar manis

Pasokan berkurang, harga bawang putih di Purwokerto melonjak

Tipah (43) pedagang sayuran di Pasar Manis Purwokerto (wuryanti puspitasari)

Purwokerto (Antaranews Jateng) - Harga komoditas bawang putih di Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melonjak dari sebelumnya sekitar Rp28 ribu per kilogram menjadi Rp38 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang di Pasar Manis Purwokerto, Tipah (43), Selasa, mengatakan saat ini pasokan bawang putih dari petani ke pedagang sedikit mengalami penurunan.

"Pasokan sedikit berkurang sehingga harganya naik tapi mungkin karena sedang musim hujan dan cuaca yang tidak menentu," katanya.

Akan tetapi, kata dia, harga bawang merah cenderung stabil yaitu sekitar Rp30 ribu per kilogram.

"Kalau harga bawang merah masih stabil malahan cenderung turun yaitu sekitar Rp30 ribu per kilogram, sebelumnya bawang merah sempat naik jadi Rp36 ribu per kilogram, dan pasokan dari petani juga melimpah," katanya.

Sementara itu, pedagang di Pasar Manis lainnya, Ramelan (40) mengatakan harga sayuran juga relatif stabil.

"Harga banyak yang stabil, tapi harga pare dan terong sedang tinggi, biasanya harga pare dan terong sekitar Rp6.000 per kilogram sekarang Rp10 ribu per kilogram," katanya.

Sementara itu, kata dia, harga bayam juga sedikit mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp3.000 per ikat menjadi Rp4.000 per ikat. ? "Kalau harga kacang panjang stabil yaitu sekitar Rp4.000 per ikat, buncis Rp5.000 dan kembang kol Rp5.000 per kilo gram" katanya.

Kendati sejumlah harga sayuran mengalami kenaikan, tambah dia, namun animo masyarakat untuk berbelanja sayuran di Pasar Manis Purwokerto masih tinggi.

"Meski banyak sayuran yang harganya naik tapi masih banyak masyarakat yang borong sayuran di Pasar Manis," katanya. 

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar