Cegah DBD, masyarakat Banjarnegara diminta Intensifkan 3M Plus

id budhi sarwono

Cegah DBD, masyarakat Banjarnegara diminta Intensifkan 3M Plus

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono (Foto: Sumarwoto) (Foto: Sumarwoto/)

Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengajak seluruh masyarakat di wilayah setempat untuk bersama-sama mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue dengan mengintensifkan gerakan 3M Plus. 

"Intensifkan gerakan 3M Plus, mari kita bersama-sama memberantas sarang nyamuk dan mencegah penyebaran penyakit DBD," katanya di Banjarnegara, Kamis.  

Dia menyebutkan gerakan 3M yang dimaksud adalah menguras, menutup, dan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegipty. ? Hal yang dimaksud dengan "Plus", katanya, segala bentuk kegiatan pencegahan, seperti menaburkan bubuk larvasida, menggunakan obat nyamuk dan antinyamuk, juga mengatur pencahayaan dan ventilasi di dalam rumah.  

Ia juga mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. 

Untuk menyukseskan gerakan 3M Plus, dia juga meminta dinas terkait meningkatkan sosialisasi ke masyarakat  

"Sosialisasi harus dilakukan langsung ke lapangan, ke rumah-rumah warga, jangan sosialisasi di dalam ruangan," katanya.  

Selain gerakan 3M Plus, dia juga mengingatkan semua pihak terkait untuk mengalakkan kegiatan Jumat bersih, yaitu bersama-sama membersihkan lingkungan masing-masing setiap Jumat.  

Selain itu, dia juga meminta seluruh rumah sakit dan puskesmas di Banjarnegara selalu siaga dalam upaya penanganan penyakit DBD.  

Seluruh fasilitas kesehatan di Banjarnegara harus selalu siaga dan siap dalam hal obat-obatan dan tenaga medis.  

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk segera mendatangi fasilitas kesehatan jika merasa mengalami gejala awal penyakit DBD.  "Masyarakat yang merasa memiliki gejala DBD agar segera datang ke pelayanan kesehatan baik rumah sakit ataupun puskesmas agar segera diobati dan petugas kesehatan diharapkan cepat mendiagnosa," katanya. 

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar