Perkuat kualitas pelayanan, PMI Banjarnegara bakal tambah relawan profesional

id pmi

Perkuat kualitas pelayanan, PMI Banjarnegara bakal tambah relawan profesional

Musyawarah Kerja PMI Banjarnegara (dok. pribadi)

Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Palang Merah Indonesia(PMI) Kabupaten Banjarnegara? pada 2019 akan menambah relawan yang memiliki keahlian dan profesional sesuai kompetensi dan bidangnya.

"Hal tersebut merupakan bagian dari komitmen kami untuk memperkuat kualitas pelayanan kepada masyarakat," kata Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara, Setiawan, di Banjarnegara, Rabu.

Dia menjelaskan, pihaknya akan memperkuat sumber daya manusia (SDM) sebagai pendukung dan peran utama dalam melaksanakan gerakan palang merah.

Selain itu, akan melakukan penguatan dan perbaikan atau penambahan armada pelayanan kesehatan seperti ambulans atau sarana penunjang operasi kebencanaan lainnya. 

PMI Banjarnegara menilai penguatan kualitas pelayanan dan SDM sangat mutlak dan harus dilakukan. 

Sedangkan, Kepala Markas PMI Banjarnegara, Edi Purwanto mengemukakan, pihaknya juga akan memperkuat kerja sama dengan para pihak terkait. 

Selain penguatan kualitas ke dalam, upaya menjalin kerja sama dan optimalisasi tim siaga bencana berbasis masyarakat juga akan terus dilakukan dengan menggandeng pihak terkait lainnya.

Tujuannya, guna memperkuat upaya mitigasi atau pengurangan risiko bencana alam.

"Kami pada 2019 memrogramkan minimal tiga desa untuk dibentuk menjadi tim siaga bencana berbasis masyarakat, dengan berbagai upaya pendekatan kepada desa yang berada di lokasi rawan terjadinya bencana alam," ujar Edi.

Selain itu, penguatan relawan sebagai ujung tombak pelayanan di lapangan juga akan digarap dengan serius pada 2019.

"Jadi akan dilakukan rekrutmen relawan, pendidikan dasar dan spesifikasi relawan yang didukung dengan sertifikasi relawan," tandas Edi. 

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar