Bupati Pati ajak masyarakat jaga kebersihan lingkungan

id membiasakan hidup bersih, membudayakan hidup bersih, lebih penting, dari piala adipura

Bupati Pati ajak masyarakat jaga kebersihan lingkungan

PATI - Bupati Pati Haryanto ikut kirab piala Adipura, Minggu (20/1). (FOTO: Dokumentasi)

Pati (Antaranews Jateng) - Bupati Pati Haryanto mengajak masyarakat di daerah itu untuk membiasakan diri menjaga kebersihan lingkungan karena hal itu lebih penting dibandingkan dengan sekadar mendapatkan Piala Adipura.

"Untuk itu, kami minta masyarakat dalam mengelola sampah harus lebih baik karena kebersihan lingkungan menjadi cermin lingkungan yang sehat," ujarnya saat melepas kirab Piala Adipura di Alun-Alun Pati, Minggu.

Ia menegaskan pentingnya pemanfaatan sampah sehingga mempunyai nilai ekonomis dan bisa meningkatkan perekonomian.

Apalagi, lanjut dia, Pemkab Pati juga telah memperbanyak bank sampah dan memberdayakan kelompok-kelompok yang peduli dengan sampah.

"Harapan ke depannya, bukan hanya sekadar mendapat piala, akan tetapi tindak lanjut pembangunan lingkungan untuk meningkatkan perekonomian, sosial budaya, dan pembangunan lingkungan yang berkelanjutan," ujar dia.

Kirab Piala Adipura tahun ini digelar secara sederhana dengan bersepeda kayuh berkeliling kota setempat.

Peserta kirab berasal dari kalangan masyarakat, semua organisasi perangkat daerah, komunitas senam, komunitas sepeda, perwakilan Karang Taruna dari 21 kecamatan, para siswa SMP dan SMA, perbankan, serta pelaku usaha menengah, kecil, dan mikro.

Dalam kegiatan tersebut, juga digelar bazar UMKM yang diikuti 20 peserta.

Rute kirab Adipura Kabupaten Pati menggunakan sepeda dari alun-alun-Jalan Pemuda-teminal-Gajahmati-Jalan Syeh Jangkung-Jalan Ronggowarsito-SMP 4-Bank Jateng-Jalan A. Yani-Jalan dr Susanto-Alun-Alun Pati.

Kirab Piala Adipura tersebut sekaligus sosialisasi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar