Sahabat Lestari bagikan 30.000 bibit tanaman buah

id Pembagian bibit tanaman buah, sahabat lestari

Sahabat Lestari bagikan 30.000 bibit tanaman buah

Warga Kabupaten Demak memilih bibit tanaman buah yang dibagikan komunitas Sahabat Lestari. (Foto: KSL)

Demak (Antaranews Jateng) - Sahabat Lestari membagikan dan menanam 500 bibit tanaman buah untuk meningkatkan ekonomi warga sekaligus kelestarian lingkungan di Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Kembangkan tersebut merupakan bagian dari 30.000 bibit yang akan diberikan kepada warga di Kabupaten Jepara, Kudus, dan Demak pada 2019.

Bibit tersebut diberikan gratis kepada masyarakat. Penyerahannya secara simbolis dilakukan di Desa Cabean, Kecamatan Demak Kota, Kabupaten Demak, Jumat (18/1), demikian siaran pers dari Sahabat Lestari yang diterima di Semarang, Sabtu.

Ratusan bibit pohon Sahabat Lestari, melalui Duta Pemberdayaan Perempuan Sahabat Lestari Eddies Adelia dan duta Kepemudaan Raeshard Oktaviansha diterima warga Desa Cabean Sudarno. Jenis bibit pohon yang dibagikan antara lain bibit nangka, sukun, lengkeng, jambu kristal, petai, dan jambu air.

Koordinator Kegiatan Komunitas Sahabat Lestari Pidi Winata menjelaskan pembagian bibit yang diinisasi Dewan Pembina Sahabat Lestari, Lestari Moerdijat, merupakan wujud komitmen Sahabat Lestari dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Buah sebagai salah satu tanaman jika dirawat dengan baik maka bisa memunculkan sektor ekonomi baru,"ujar Pidi, sapaan akrabnya.

Dia menambahkan Sahabat Lestari menargetkan 30.000 ribu bibit tanaman buah tersebar di tiga wilayah.

"Pada bulan ini,l kami akan membagikan sekitar 30.000 ribu bibit di wilayah Demak, Kudus, dan Jepara," terangnya.

Sebelumnya bibit tanaman buah tersebut telah didistribusikan ke 14 titik yang tersebar di beberapa kecamatan Kabupaten Demak yang tersebar di Kecamatan Dempet, Karangtengah, Mijen, Karanganyar, Gajah, Bonang, Wedung, Karangawen, Demak Kota, dan Mranggen.

Sumadi, warga Desa Cabean, mengaku senang mendapatkan bantuan bibit tanaman buah.

"Setelah saya tanam kan berbuah, jadi bisa membantu ekonomi keluarga. Terlebih bibit tanaman yang diberi berupa bibit lengkeng dan nangka yang cocok ditanam di daerah ini,"  katanya berharap. ***
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar