Rekrut 55 orang, pendaftar relawan demokrasi di Temanggung 70 orang

id anggota kpu temanggung

Rekrut 55 orang, pendaftar relawan demokrasi di Temanggung 70 orang

Anggota KPU Kabupaten Temanggung Henry Sofyan Rois (Heru Suyitno)

Temanggung (Antaranews Jateng) - Sebanyak 70 orang mendaftar relawan demokrasi Pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, kata anggota KPU Kabupaten Temanggung Henry Sofyan Rois.

"Hingga penutupan pendaftaran relawan demokrasi pada Senin (14/1) terdapat 70 pendaftar dan akan diambil 55 orang," katanya di Temanggung, Selasa.

Ia mengatakan jumlah pendaftar melebihi ketentuan kuota, hari ini dilakukan seleksi administrasi dan hasilnya langsung diumumkan melalui www.kab-temanggung.kpu.go.id.

"Peserta yang lolos administrasi akan mengikuti wawancara pada Rabu (16/1) di KPU Kabupaten Temanggung untuk mengetahui komitmen dan rencana kerjanya," katanya.

Ia mengatakan relawan demokrasi bertugas sampai dengan 17 April 2019 untuk melakukan sosialisasi pemilu dan pendidikan pemilih di komunitasnya.

Ia menuturkan pembentukan relawan demokrasi sesuai Undang-Undang nomor 7 Tahun 2017 dan Surat Edaran KPU nomor 32/PP.08-SD/KPU/I/2019.

Ia mengatakan pemilu dilaksanakan dengan partisipasi masyarakat dan ukuran partisipasi bukan sekadar kehadiran pemilih dalam pemungutan suara tetapi keterlibatan pemilih dalam tahapan pemilu serta kesuksesan Pemilu 17 April 2019 adalah milik bersama.

Ia menyebutkan syarat menjadi relawan demokrasi, antara lain berusia minimal 17 tahun pada saat mendaftar, khusus untuk relawan pemilih pemula maksimal berusia 25 tahun. Pendidikan minimal SLTA, nonpartisan sekurang-kurangnya dalam lima tahun terakhir tidak menjadi anggota partai politik.

Selain itu, memiliki komitmen menjadi relawan deokrasi, terdaftar sebagai pemilih, bertanggung jawab dan berakhlak baik, dan bukan bagian dari penyelenggara pemilu.

Henry mengatakan mereka yang direkrut menjadi relawan demokrasi meliputi 10 basis pemilih yang tersebar di 20 kecamatan yang ada di Temanggung, yakni basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih pemula, basis pemilih perempuan, basis pemilih penyandang disabilitas,

Kemudian basis pemilih berkebutuhan khusus, basis pemilih marginal, basis komunitas, basis keagamaan, dan basis warga internet.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar