Kades terpilih di Pati wajib pelatihan pengelolaan keuangan

id kades terpilih, wajib ikuti, pelatihan pengelolaan keuangan

Kades terpilih di Pati wajib pelatihan pengelolaan keuangan

PATI - Bupati Pati Haryanto. (FOTO: Dokumentasi)

Pati (Antaranews jateng) - Kepala desa terpilih di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, diminta untuk mengikuti pelatihan tata kelola keuangan maupun pemerintahan desa, kata Bupati Pati Haryanto.

"Kami juga sudah menganggarkan untuk menggelar pelatihan tersebut agar dalam pengelolaan keuangan maupun pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik," ujarnya pada acara Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes di Pendopo Kabupaten Pati, Senin.

Apalagi, lanjut dia, kepala desa yang baru memiliki latar belakang yang berbeda sehingga perlu diberi pelatihan agar mereka memiliki kompetensi yang baik, sekaligus memberikan pemahaman kepada kepala desa, terutama terkait program Siskeudes.

Selain itu, kata dia, mereka juga belum tentu menguasai pemerintahan desa. 

Rencananya, kata dia, pelatihan tersebut bakal digelar selama sepuluh hari dan kepala desa yang lama juga akan diminta ikut hadir. 

Haryanto juga berpesan kepada kepala desa yang baru terpilih ketika mendapat permasalahan atau ketika ada yang mengingatkan terkait pemerintahannya, tidak ditanggapi dengan emosi. 

"Bangunlah komunikasi yang baik, mengingat kondisi demikian wajar dialami oleh pemimpin baru," ujarnya.

Ketika hal itu ditanggapi dengan positif, diharapkan kedepannya tidak ada permasalahan yang ditimbulkan.

"Kami juga berharap pengelolaan keuangan nantinya tidak terjadi penyimpangan, karena saat ini pemerintah desa dituntut untuk menyajikan laporan keuangan yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Memasuki tahun anggaran yang baru, Pemkab Pati membuat regulasi berkaitan penggunaan anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD) tahun 2019. 

"Awal 2019 akan ada pemeriksaan sebagai langkah mengurangi resistensi penyimpangan," ujarnya. 

Kegiatan Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes hari ini (14/01) dihadiri Anggota Komisi XI DPR RI Doni Imam Prianggodo, BPKP Jateng Ahmad Adib Susilo, dan Kabid Binmas Polda Jawa Tengah Kombes Budi Utomo. ***2*** 
     
Pewarta :
Editor: Heru Suyitno
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar