Batang digelontor dana desa Rp192,3 miliar

id Dana Desa, di Batang

Batang digelontor dana desa Rp192,3 miliar

Pelaksana Tugas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata. (Foto Kutnadi)

Batang (Antaranews Jateng) - Pagu dana desa di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada 2019 ditetapkan sebesar Rp192,3 miliar atau naik sekitar 14 persen dibanding tahun sebelumnya sebanyak Rp168,4 miliar.

Pelaksana Tugas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata di Batang, Kamis, mengatakan bahwa sebanyak 239 desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Batang akan mendapat besaran dana desa yang berbeda sesuai dengan kriteria yang diatur pada regulasi padat dan daerah.

"Alhamdulillah, ada kenaikan pagu DD tahun ini sekitar 14 persen. Ini patut  kita syukuri dan semoga bisa mempercepat pembangunan di masing-masing desa," katanya.
 
Ia yang didampingi Sekretaris Dispermades Achmad Fathoni mengatakan adapun dari 239 desa tersebut, pemerintah desa yang mendapat pagu DD terbesar adalah Desa Banjiran, Kecamatan Warungasem sebesar Rp1,3 miliar dan terendah Desa Kaliboyo, Kecamatan Tulis Rp707,4 miliar.

Kemudian untuk mekanisme pencairan DD, kata dia, masih seperti tahun sebelumnya yaitu melalui tiga tahap atau termin. Tahap pertama DD akan diberikan 20 persen, kedua 40 persen, dan termin ketiga 40 persen.

Ia meminta pada pemerintah desa agar DD bisa digunakan secara bijak, terutama untuk memenuhi kemajuan pembangunan desa dan kebutuhan yang berpihak pada masyarakat. 

"Kami berharap tidak ada lagi oknum yang menyalahgunakan anggaran dana desa dan tak ada lagi perangkat desa yang berurusan dengan penegak hukum karena melakukan penyelewengan dana tersebut," katanya.

Ia mengatakan meningkatnya anggaran dana desa pada tahun ini sebesar Rp192,3 miliar  lebih meningkatkan kesadaran dalam penggunaan DD secara bijak. 

"Kami tidak menginginkan terjadi kasus lagi pada tahun sebelumnya. Akan tetapi, kami berharap penggunaan DD 2019 dapat digunakan secara maksimal dan tepat sasaran," katanya.


 
Pewarta :
Editor: Immanuel Citra Senjaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar