Populasi domba Batur terus ditingkatkan

id domba batur

Populasi domba Batur terus ditingkatkan

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono (Foto: ANTARAJATENG.COM/Humas Banjarnegara)

Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terus melakukan sejumlah upaya agar populasi domba Batur sebagai salah satu potensi lokal dapat terus meningkat dan tidak punah.
     
"Kami ingin menjaga dan meningkatkan populasi domba Batur agar tidak punah karena potensinya sangat besar," kata Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono di Banjarnegara, Sabtu.
     
Bupati menjelaskan, domba Batur merupakan aset daerah karena merupakan rumpun domba lokal yang sangat potensial dan memiliki ciri khas tersendiri. Domba Batur mempunyai keseragaman fisik dan komposisi genetik serta kemampuan adaptasi yang baik pada keterbatasan lingkungan, dengan sebaran geografis di Kecamatan Batur dan sekitarnya.
     
"Pada tahun 2019 mendatang kita akan mengembangkan domba Batur di wilayah lain yang ada di Banjarnegara misalkan Wanayasa, Pagentan, dan lain sebagainya sehingga masyarakat di wilayah itu juga ikut berperan serta mengembangkan domba Batur," katanya.
     
Pemerintah kabupaten, kata dia, akan memberikan bibit domba Batur kepada masyarakat sasaran, khususnya warga miskin.
     
"Pembagian bibit sedang kami persiapkan agar tepat sasaran dan dapat berjalan sesuai target yang telah ditetapkan," katanya.
     
Masyarakat di wilayah Utara Banjarnegara, kata dia, menjadi salah satu sasaran utama dari program pengembangan domba Batur.
     
"Pembagian bibit rencananya akan kami mulai dan kami fokuskan di wilayah Utara," katanya.
     
Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, telah meningkatkan sosialisasi guna mengajak masyarakat setempat mengembangkan peternakan domba Batur agar populasinya dapat terus terjaga.
     
Pemkab Banjarnegara menginformasikan pada saat ini, populasi domba Batur tercatat sekitar 7.900 ekor dan tersebar di berbagai desa.
     
Pemkab juga terus berupaya meningkatkan nilai tambah domba Batur melalui pengembangan dan pengolahan hasil samping berupa wol dan internalisasi potensi lokal domba Batur dengan wisata, terutama wisata Dataran Tinggi Dieng.
     
Pemkab juga memfasilitasi dan memberikan pendampingan kesehatan hewan dan teknis peternakan terkait pengembangan domba Batur kepada masyarakat.
 
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar