Sambil bersepeda, komisioner KPU Temanggung sosialisasikan pemilu

id bersepeda sosialisasikan pemilu

Sambil bersepeda, komisioner KPU Temanggung sosialisasikan pemilu

Para pegawai dan komisioner KPU Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melakukan olahraga bersepeda sambil menyosialisasikan Pemilu 2019 dengan membagikan stiker bergambar parpol peserta Pemilu 2019. (Heru Suyitno)

Temanggung (Antaranews Jateng) - Para pegawai dan komisioner KPU Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada Jumat pagi melakukan olahraga bersepeda sambil menyosialisasikan Pemilu 2019.
     
Berbagai titik keramaian seperti pasar, alun-alun, dan pertokoan mereka datangi untuk menyosialisasikan pemilu legislatif dan pilpres yang akan berlangsung pada 17 April 2019.

Mereka juga membagikan stiker bergambar logo partai politik peserta Pemilu 2019 kepada masyarakat yang mereka temui. 

Ketua KPU Kabupaten Temanggung M. Yusuf Hasyim mengatakan sosialisasi kali ini sengaja digelar agak berbeda dengan bersepeda santai pada pagi hari.

Selain menarik menyosialisasikan pemilu, langkah ini sekaligus dimanfaatkan oleh keluarga besar KPU Temanggung untuk berolahraga rutin di hari Jumat.

Ia berharap melalui sosialisai ini seluruh lapisan masyarakat semakin memahami seperti apa pentingnya memberikan suara dalam pesta demokrasi mendatang.

"Kami membagikan stiker seperti ini adalah untuk mengedukasi terhadap masyarakat terkait pentingnya memberikan suara dalam pemilu mendatang. Selain itu, mereka juga kami beri tahu terkait partai apa saja yang akan terlibat dalam kontestasi. Jangan sampai masyarakat tidak tahu siapa caleg, partai, dan kandidat capres," katanya.

Ia menuturkan dengan sosialisasi secara rutin ke berbagai elemen masyarakat, mudah-mudahan dapat meningkatkan partisipasi pemilih dari 85 persen saat Pilkada 2018 menjadi 90 persen pada Pemilu 2019.
     
"Tidak hanya partisipasi secara kuantitas, tetapi juga berkualitas, ketika memilih suaranya sah dan bisa memilih sesuai dengan hati nuraninya masing-masing," katanya.

Sopir angkutan umum yang mangkal di depan Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung Mubakir mengatakan bahwa langkah sosialisasi ke pusat-pusat keramaian yang dilakukan oleh KPU ini sangat tepat.

"Hari pencoblosan semakin dekat, namun masih banyak kalangan yang kurang memahami seluk-beluk Pemilu 2019," katanya.

Menurut dia beberapa hal yang belum banyak diketahui warga, antara lain siapa calon atau kandidat dalam pemilu, khususnya caleg, hingga permasalahan waktu dan tata cara mencoblos yang benar. 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar