Catat, Sabtu besok peluncuran perdana KA Joglosemarkerto

id Kai, joglosemarkerto

Catat, Sabtu besok peluncuran perdana KA Joglosemarkerto

Jajaran manajemen PT KAI Daop VI saat memberikan keterangan terkait peluncuran KA Joglosemarkerto (Foto: Aris Wasita)

Solo (Antaranews Jateng) - PT Kereta Api Indonesia akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui peluncuran Kereta Api Joglosemarkerto relasi Yogyakarta-Solo-Semarang-Purwokerto.

"KA ini merupakan perpanjangan dari salah satu rute Kamandaka yang semula relasi Semarang tawang-Purwokerto diteruskan menuju Yogyakarta-Solo-Semarang Tawang," kata Executive Vice President (EVP) Daop VI Yogyakarta Eko Purwanto di Solo, Jumat.

Ia mengatakan peluncuran perdana KA Joglosemarkerto tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu (1/12) menggunakan dua kereta eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk.

"Selain itu, tujuh kereta ekonomi kapasitas 560 tempat duduk," katanya.

Pada awal pengoperasian, pihaknya akan memberikan potongan harga tiket sebesar 10 persen untuk keberangkatan 1-13 Desember 2018.

Adapun, untuk tarif KA Joglosemarkerto di antaranya rute Solo-Yogyakarta Rp60.000 untuk eksekutif dan Rp35.000 untuk kereta ekonomi.

Sedangkan Solo-Pekalongan melewati Purwokerto Rp200.000 untuk kereta eksekutif dan Rp115.000 untuk kereta ekonomi. Jika melewati Semarang Tawang harganya Rp105.000 untuk kereta eksekutif dan Rp60.000 untuk kereta ekonomi.

Untuk Solo-Semarang Tawang melewati Purwokerto di harga Rp225.000 kereta eksekutif dan Rp130.000 kelas ekonomi. Jika melewati Gundih harga tiket Rp85.000 untuk eksekutif dan Rp50.000 untuk ekonomi.

"Dengan dibukanya relasi baru ini, harapannya bisa memberikan pilihan konektivitas relasi tujuan bepergian masyarakat Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal dan sekitarnya," katanya.

Selain itu, pihaknya juga berharap keberadaan KA tersebut dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan wisata di daerah-daerah tersebut.
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar