Dukung Visit Batang 2022, pemkab belajar pengelolaan pariwisata ke Malang

id Pariwisata batang

Dukung <i>Visit Batang 2022</i>, pemkab belajar pengelolaan pariwisata ke Malang

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kabupaten Batang bersama sejumlah awak media setempat melakukan kunjungan ke Pemekot Malang, Jawa Timur. (Foto Kutnadi)

Batang (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, belajar tentang kesuksesan pengelolaan pariwisata yang dilakukan Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, sebagai upaya mendukung program "Visit Batang 2022" yang dicanangkan Bupati Batang Wihaji.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Kabupaten Batang Triossy Juniarto di Batang, Senin, mengatakan bahwa kunjungan kerja ke Pemkot Malang karena daerah itu dinilai sukses membangun "branding" sebagai kota wisata.

"Kami menilai Kota Malang cukup sukses membangun `city branding` pada publik nasional sebagai kota wisata, termasuk dalam pemanfaatan media sosial dan media massa untuk menunjang publikasi," katanya.

Ia mengatakan keberhasilan sebuah pemerintahan dan daerah tidak terlepas dari peran komunikasi dari "public relation".

Oleh karena, kata dia, Bagian Humas Kabupaten Batang sebagai corong pemkab ikut memikul tugas untuk membangun "city branding" sebagai bagian menyukseskan visi dan misi program Bupati Wihaji dan Wakil Bupati Suyono.

"Proses komunikasi dengan publik akan baik dan efektif tentu jika ada kesamaan pandang dengan media sebagai penyaji informasi sehingga sinergi dan kemitraan sangat penting. Dukungan media dalam city branding menjadi strategis dengan melibatkan peran serta media massa," katanya.

Kepala Sub Bagian Dokumentasi Humas Kota Malang Dwi Sulistyani mengatakan komunikasi dan koordinasi Pemkot Malang dengan wartawan cetak maupun online terjalin dengan baik dalam menyajikan berita.

"Cukup banyak wartawan yang bertugas di Kota Malang. Ada sekitar 60 wartawan yang memiliki wadah lembaga masing?masing seperti PWI dan AJI," katanya.

Menurut dia, peran bagian humas cukup penting karena selain mendokumentasikan kegaiatan pemerintah daerah juga harus menyajikan berita untuk dipublikasikan pada media agar lebih mempermudah kerja wartawan.

"Ini sebagai bentuk pelayanan kita pada publik dalam memberikan informasi. Oleh karena, koordinas dan komunikasi pada wartawan penting agar semua bisa bekerja nyaman tanpa mengurangi idealisme, independen," katanya. 
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar