Kensuke: Turnamen futsal antar-SMA penting untuk cari bibit pemain timnas

id Pelatih Timnas Futsal Indonesia Kensuke Takahashi

Kensuke: Turnamen futsal antar-SMA penting untuk cari bibit pemain timnas

Pelatih Timnas Futsal Indonesia Kensuke Takahashi (Foto: Bambang Dwi Marwoto)

Solo (Antaranews Jateng) - Pelatih Tim Nasional Futsal Indonesia Kensuke Takahashi mengatakan turnamen antar-SMA, seperti Pocari Sweat Championship, dapat digunakan sebagai ajang untuk pencarian bibit bagi pemain timnas.

"Turnamen Pocari Sweat Futsal Championship 2018 berpengaruh besar terhadap perkembangan futsal di Indonesia. Hal ini juga dilaksanakan di Jepang. Ada beberapa turnamen tingkat SMA dan antarklub," kata Kensuke di sela observasi Turnamen Pocari Sweat Championship di GOR Sritex Arena, Solo, Senin. 

Pelatih asal Jepang tersebut menyatakan di Jepang, untuk masuk ke tahapan seleksi pemain masuk Timnas, juga melalui turnamen-turnamen antar-SMA seperti ini.

"Saya menilai turnamen futsal antarpelajar seperti ini  akan berperan besar dalam seleksi Timnas Indonesia. Untuk itu, saya observasi pada turnamen ini," katanya.

Menurut Kensuke, program pelatihan Tim Futsal Jepang ke luar negeri yakni Spanyol. Pengembangan futsal Indonesia juga untuk memberikan pelajaran teori kepada para pelatih tim di tingklat SMA.  

"Kompetisi ini terus berlanjut dan sangat bagus. Antarsekolah sama-sama akan berusaha dan bersaing meraih prestasi dalam turnamen ini," kata Kensuke.

Ia berharap para atlet futsal khususnya anak-anak muda tersebut mempunyai peluang besar bisa masuk ke Timnas. Jika mereka bisa berusaha pada turnamen seperti ini, kemungkinan dapat naik peringkat ke klub-klub lainnya. Bahkan, pemain liga profesional futsal juga bisa bergabung dengan Timnas Indonesia.

 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar