Kudus gagal penuhi target lima medali Paralympic

id kudus gagal,penuhi target, lima medali,paralympic

Kudus gagal penuhi target lima medali Paralympic

Atlet angkat besi yang menyumbang emas, Rani Pujiastuti berfoto bersama Kepala Dinas Kominfo Kudus Kholid. (Foto: Dok. Humas Pemkab Kudus)

Kudus (Antaranews Jateng) - Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, gagal memenuhi target lima medali, setelah hanya bisa mengoleksi satu medali emas dan satu medali perak pada ajang Paralympic Provinsi Jateng 2018 di Surakarta.
     
"Raihan medali tahun ini juga lebih sedikit dibandingkan periode sebelumnya bisa mengoleksi dua medali emas, empat medali merak dan satu perunggu," kata Ketua National Paralympic Commitee (NPC) Kudus Sugiarto di Kudus, Jumat.
     
Cabang olahraga yang sebelumnya menyumbangkan medali, kata dia, dari angkat besi, lari, lempar lembing, tolak peluru, serta lempar cakram, sedangkan tahun ini dari angkat besi.
    
Ia menduga kegagalan pada ajang Paralympic 2018 salah satunya karena tidak maksimalnya persiapan yang dilakukan, menyusul dukungan sarana dan prasarana latihan yang kurang memadai.
     
Pada ajang Paralympic sebelumnya, kata dia, jumlah pesertanya juga tidak sebanyak tahun ini, sehingga Kudus bisa mengoleksi banyak medali.
    
"Sementara atlet dari kabupaten lain mulai mempersiapkan diri dengan baik, sedangkan Kudus justru belum ada peningkatan dalam hal persiapan menyusul minimnya sarana dan prasarana pendukung," ujarnya.
    
Bahkan, lanjut dia, latihan angkat besi masih harus menyewa di tempat persewaan fitnes, demikian halnya untuk atlet tenis meja juga belum memiliki sarana latihan sendiri.
    
Meskipun demikian, dia mengakui, berterima kasih kepada Pemkab Kudus karena sepanjang mengikuti pertandingan mendapatkan pendampingan dari Dinas Kominfo serta Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kudus.
     
"Kami juga berterima kasih kepada KONI Kudus yang juga ikut memberikan dukungan," ujarnya.
    
Ia berharap dukungan tersebut dilanjutkan dengan memenuhi sejumlah kebutuhan atlet NPC Kudus. 
    
Dengan koleksi satu medali emas dari cabang olahraga angkat berat putri yang disumbangkan Rani Pujiastuti di kelas 81 kilogram dan satu medali perak dari Cabor Angkat Berat yang disumbangkan Noor Alim di kelas 80 kg, menempatkan NPC Kabupaten Kudus berada di peringkat 23 dan masih kalah dengan Kabupaten Pekalongan yang menempati urutan 22 dengan raihan satu emas dua perak.
   
Peringkat pertama Perparprov III Jateng ditempati Surakarta yang mengoleksi 39 medali emas, 26 medali perak, dan 16 medali perunggu.  
    
Sementara peringkat kedua ada Kabupaten Cilacap dengan 38 medali emas, 13 medali perak, dan 11 medali perunggu.
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar