Bima Sakti minta pemain tak tanggapi pandangan negatif di medsos

id alberto

Bima Sakti minta pemain tak tanggapi pandangan negatif di medsos

Pemain timnas Indonesia Alberto Goncalves (tengah) menggiring bola dibayangi dua pemain timnas Timor Leste Feliciano Pinheiro Goncalves (kiri) dan Gumario Augusto Fernandes dalam penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). Indonesia memenangi laga ini dengan skor 3-1. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.)

Jakarta (Antaranews Jateng) - Pelatih tim nasional sepak bola Indonesia Bima Sakti meminta para pemainnya untuk tidak menanggapi pandangan negatif yang diberikan kepada skuatnya di media sosial.

Menurut Bima, hal itu dilakukannya agar pemain selalu fokus menjalani laga demi laga di Piala AFF 2018.

"Saya meminta pemain tetap kompak dan konsentrasi. Tak perlu mendengarkan suara-suara dari luar," ujar Bima usai timnya mengalahkan Timor Leste dengan skor 3-1 di laga Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Tekanan dari masyarakat melalui media sosial memang melanda tim nasional Indonesia terutama setelah mereka kalah 1-0 dari Singapura di pertandingan perdana Grup B Piala AFF 2018, Jumat (9/11).

Bahkan, di hari pertandingan kontra Timor Leste, Selasa (13/11), muncul desakan di media sosial Twitter untuk mengosongkan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, melalui tanda pagar #KosongkanGBK. #KosongkanGBK pun masuk menjadi empat besar tanda pagar (tagar) paling populer di Indonesia pada hari Selasa (13/11).

"Kami memang butuh kritikan dan masukan. Oleh karena itu, saya katakan kepada pemain agar menjadikan semuanya dari internet sebagai motivasi untuk berprestasi. Karena sejatinya itulah yang menjadi keinginan kami dan masyarakat Indonesia," tutur Bima.

Sebagai informasi, meski ada desakan dari warganet untuk memboikot laga timnas Indonesia, pertandingan Indonesia versus Timor Leste tetap dihadiri oleh lebih dari 15.000 suporter.

Tim nasional Indonesia pada akhirnya pun berhasil menaklukkan Timor Leste dengan skor 3-1, setelah sebelumnya tertinggal 0-1 sampai menit ke-61.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Timor Leste unggul terlebih dahulu pada menit ke-48 melalui Rufino Walter Gama, sebelum dibalas oleh Indonesia melalui sepakan bek Alfath Faathier di menit ke-61.

Gol Stefano Lilipaly melalui titik penalti di menit ke-69 membuat skor menjadi 2-1, sebelum akhirnya Alberto Goncalves mencetak gol ketiga Indonesia di menit ke-82.

Kemenangan ini membuat Indonesia naik ke posisi kedua klasemen sementara Grup B dengan tiga poin dan membuka peluang lolos dari Grup B Piala AFF 2018. 

Indonesia terbantu hasil di partai lain Grup B, di hari yang sama, di mana Filipina menaklukkan Singapura dengan skor 1-0. Itu membuat Filipina berada di peringkat ketiga klasemen karena kalah agresivitas gol dari Indonesia meski berpoin serupa.

Singapura, yang sebelumnya di peringkat kedua, meski juga berpoin tiga, turun ke posisi keempat karena kalah selisih gol dari Indonesia dan Filipina. Thailand serta Timor Leste tidak bergeser dari peringkat satu dan terakhir klasemen.

Berikutnya di Grup B Piala AFF 2018, Sabtu (17/11), Indonesia akan bertandang ke Thailand untuk bertanding di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand.

Di hari yang sama, Filipina yang bertindak sebagai tamu berhadapan dengan Timor Leste di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca juga: Indonesia taklukkan Timor Leste 3-1
 

 

Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar