UNS tingkatkan produktivitas pusat studi

id Lppm, pusat studi

UNS tingkatkan produktivitas pusat studi

Wakil Rektor 1 UNS Sutarno berharap LPPM bisa meningkatkan kualitas pusat studi (Foto: dokumentasi UNS)

Solo (Antaranews Jateng) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan meningkatkan produktivitas pusat studi dengan aktivitas yang mendukung kinerja kampus.

"Saat ini jumlah pusat studi di UNS ada 25, terakhir yang dibentuk adalah Pusat Studi Pancasila," kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS Sulistyo Saputro di Solo, Senin.

Ia mengatakan keberadaan pusat studi di bawah LPPM tersebut bisa menjadi masukan konstruktif bagi kampus.

"Sejauh ini pusat studi kita (UNS, red) menunjukkan kinerja yang cukup baik. Harapannya pusat studi kita lebih produktif," katanya.

Adapun, dikatakannya, untuk kinerja utamanya adalah melakukan publikasi internasional, memfasilitasi hak kekayaan intelektual (HKI), teknologi tempat guna, dan pelayanan kepada masyarakat yang mengarah pada kinerja UNS.

"Secara umum kinerja LPPM terakhir di tahun 2017 kita menempati nomor enam di Indonesia, ini tidak mudah dicapai," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, salah satu kelemahan yang masih dihadapi oleh LPPM UNS adalah belum adanya royalti atau profit hasil penelitian dan pengabdian yang laku di pasaran.

"Ini masih jadi PR. Pada prinsipnya kita harus meningkatkan dharma penelitian dan dharma pengabdian kepada masyarakat," katanya.

Sebelumnya, tepatnya pada tahun 2017 UNS menutup tiga pusat studi yang ada di LPPM, yaitu Pusat Studi Pemberdayaan Keluarga, Pusat Studi Bangsa-Bangsa Melayu, dan Pusat Studi Perpajakan.

"Terkait hal ini, kami memprioritaskan jumlah pusat studi tidak terlalu banyak namun produktif, daripada banyak tetapi hanya sedikit karya yang dihasilkan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor I UNS Sutarno mengatakan misi UNS adalah mampu menjadi pusat unggulan secara internasional dalam hal ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

"Pak Rektor menugaskan pusat studi di bawah koordinasi LPPM sebagai unit fungsional yang membantu fungsi LPPM ini dalam hal penelitian," katanya.

Oleh karena itu, ia berharap agar LPPM bisa jadi tulang punggung UNS untuk bisa mengoptimalkan peran pusat studi tersebut.
Pewarta :
Editor: Wisnu Adhi Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar