Polbangtan YoMa lakukan latihan manajamen pengelolaan alsintan di Wonosobo

id polbangtan, alsintan, wonosobo

Polbangtan YoMa lakukan latihan manajamen pengelolaan alsintan di Wonosobo

Instruktur memberikan penjelasan cara kerja dan manfaat alsintan

Wonosobo - Tim Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta-Magelang (YoMa) melakukan pelatihan dan manajemen pengelolaan alsintan pada penyuluh pertanian dan petani di Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) di Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo, Selasa (6/11).

Sebanyak 35 peserta yang berasal dari penyuluh pertanian dan petani mengikuti kegiatan bertema Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan Wilayah Kecamatan Leksono dengan antusias.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Wonosobo dan Koramil Kecamatan Leksono, sedangkan materi yang disampaikan adalah manajemen Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), dan teknis perawatan alsintan.

"Perlu koordinasi pendayagunaan alsintan sekaligus mengawal pemanfaatan alsintan oleh poktan, gapoktan, danUPJA," kata Nur Prabewi, S.Pt, MP,  mewakili Direktur Polbangtan YoMa. 

Menurut dia, dengan pola tersebut maka bantuan alsintan yang sudah disalurkan kepada poktan, gapoktan, dan UPJA dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendorong percepatan olah tanah, tanam, dan panen secara serempak.

Tujuannya, agar tercapai peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai sebagai wujud pelayanan dan fasilitasi bagi petani, tambah Sunarsih, SP, M. Sc, sebagai perwakilan Polbangtan YoMa.

Didampingi Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Leksono, Suprihatno, SP, kegiatan berlangsung lancar dan peserta mengikutinya dengan antusias.

Dalam sesi dialog, mencuat berbagai pertanyaan dari peserta, antara lain, meliputi pengelolaan UPJA dan bagaimana teknis dan perawatan alsintan di lapangan. 

Materi pertama tentang manajemen UPJA oleh Bp Senawi dari Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Wonosobo. Materi kedua oleh Danramil Rohmat tentang perawatan alsintan. (polbangtan/tantyanuar)
 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar