Wisatawan Baturraden dukung transaksi nontutai

id lokawisata baturraden nontunai

Wisatawan Baturraden dukung transaksi nontutai

Petugas pintu masuk Lokawisata Baturraden menempelkan kartu "Brizzi" ke mesin EDC untuk melayani transaksi tiket masuk objek wisata alam tersebut, Minggu (4-11-2018). (Foto: Sumarwoto)

Banyumas (Antaranews Jateng) - Sejumlah wisatawan Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mendukung penerapan transaksi nontunai dalam pembelian tiket masuk objek wisata alam itu.

 "Ini (transaksi nontunai, red.) sangat baik karena kita tidak perlu membawa uang tunai banyak-banyak, yang penting cukup untuk beli makanan, cendera mata, atau lainnya," kata salah seorang wisatawan asal Cirebon, Kushendi di Lokawisata Baturraden, Banyumas, Minggu.

Dia mengharapkan ke depannya, seluruh pedagang yang ada di Lokawisata Baturraden siap melayani transaksi nontunai.

Dengan demikian, kata dia, pedagang tidak kesulitan dalam menyediakan uang pecahan kecil untuk kembalian serta dapat terhindar dari peredaran uang palsu.

Wisatawan lainnya, Anto mengatakan penerapan transaksi nontunai untuk pembelian tiket masuk Lokawisata Baturraden merupakan suatu kemajuan.

"Dengan menerapkan transaksi nontunai, pendapatan Lokawisata Baturraden tidak akan mengalami kebocoran karena langsung masuk ke rekening kas daerah," kata wisatawan asal Magelang itu.

Pemerintah Kabupaten Banyumas sebelumnya bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan "Baturraden Cashless Society" berupa penerapan transaksi nontunai dalam pembelian tiket masuk Lokawisata Baturraden sejak tanggal 4 November 2018.
 
Pimpinan Wilayah BRI Yogyakarta Hendro Padmono mengatakan dalam tahap awal penerapan transaksi nontunai, calon wisatawan membeli tiket masuk Lokawisata Baturraden secara tunai di loket dan selanjutnya akan dipinjami kartu "Brizzi" (uang elektronik produk BRI, red.) untuk disentuhkan dengan mesin "electronic data capture" (EDC) di pintu masuk.

"Bagi wisatawan yang sudah memiliki kartu 'Brizzi'sendiri, bisa langsung digunakan untuk membeli tiket masuk Lokawisata Baturraden," katanya.

Menurut dia, mesin EDC miliki BRI yang terpasang di pintu masuk Lokawisata Baturraden bisa melayani kartu uang elektronik maupun kartu debit bank lain. 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar