Jumlah penumpang di Bandara Adi Soemarmo turun, Lion ajukan rute baru

id Bps, penumpang pesawat

Jumlah penumpang di Bandara Adi Soemarmo turun, Lion ajukan rute baru

General Manager Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman (Foto: Aris Wasita)

Solo (Antaranews Jateng) - Jumlah penumpang pesawat terbang melalui Bandara Adi Soemarmo Surakarta mengalami penurunan pada periode September 2018 seiring dengan belum memasukinya musim liburan.

"Berdasarkan data kami, turunnya jumlah penumpang datang sebesar 6,70 persen karena pada periode ini memang merupakan masa 'low season'," kata Kepala Seksi Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surakarta MAB Herminawati di Solo, Jumat.

Ia mengatakan untuk periode September jumlah kedatangan penumpang di Adi Soemarmo sebanyak 101.724 orang.

"Angka ini turun jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yaitu sebanyak 109.025 orang," katanya.

Untuk jumlah penumpang berangkat juga mengalami penurunan. Berdasarkan data BPS, jumlah penumpang berangkat pada bulan September turun sebesar 4,95 persen, yaitu dari 106.209 orang menjadi 100.955 orang.

Lion ajukan rute baru
Sementara itu, General Manager Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman mengatakan untuk mendongkrak jumlah penumpang, saat ini maskapai penerbangan Lion Air tengah mengajukan sembilan rute baru dari Bandara Solo.

"Meski demikian, hingga saat ini belum ada persetujuan dari Kementerian Perhubungan," katanya. Ia berharap pengajuan rute baru tersebut disetujui pada masa low season berakhir.

General Manajer Garuda Indonesia Surakarta Hendrawan memprediksi ke depan jumlah penumpang akan mengalami kenaikan seiring dengan memasuki musim umrah.

"Selain itu juga ada event MICE, harapannya ini bisa mendongkrak permintaan perjalanan," katanya.
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar