Dibekuk, pembobol toko batik Pasar Klewer

id Polisi tangkap pembobol toko batik

Dibekuk, pembobol toko batik Pasar Klewer

Polisi sedang menunjukan barang bukti dan pelaku kasus pencurian sebuah toko kain batik di Pasar Klewer dengan barang bukti sebanyak 596 potong di Mapolsek Pasar Kliwon Solo, Rabu. (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

     Solo (Antaranews Jateng) - Polres Kota Surakarta berhasil mengungkap kasus pencurian dengan membobol sebuah toko batik di Pasar Klewer Solo, dengan menangkap pelakunya, Arif Hidayat (41) warga  RT 02 RW 12 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon.
     Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Ribut Hari Wibowo melalui Waka Polsek Pasar Kliwon Iptu Komang Widana, di Solo, Rabu, mengatakan, tersangka Arif Hidayat  ini juga seorang pedagang kini ditahan, bersama barang buktinya, 596 potong kain batik, di Polsek Pasar Kliwon untuk proses hukum.
     Komang Widana mengatakan pihaknya berhasil mengungkap kasus pencurian di toko batik dengan menangkap pelakunya di rumah kosnya RT 02 RW 12 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon Solo, pada Selasa (30/10), malam. Kejadian itu, korban mengalami kerugian sekitar Rp90 juta.
     Peristiwa kasus pencurian toko kain batik di Pasar Klewer milik korban berisial Sl (48) berawal dari pelaku Arif Hidayat yang juga pedagang di pasar yang sama. Pelaku ini, tokonya ada di depan milik korban.
     Tersangka yang mengeluh kepada orang berinsial T yang kini masih buron polisi, daganganya sepi pembeli. T kemudian mengajak tersngka Arif untuk mencuri di Pasar Klewer, Tersangka diminta mencari kios yang tidak ada gembok tambahan pada pintu rolling doornya.
     Tersangka milih toko milik korban yang ada di depan milik pelaku. Tersangka dengan T langsung ke lokasi sasaran Pasar Kldwer, Selasa (30/10), sekitar pukul 07.30 WIB, kondisi pedagang belum ada yang datang atau masih sepi.
     Kedua pelaku dengan menggunakan gunting merusak pintu rolling door milik korban. Pedagang Pasar Klewer masih sepi, mereka biasanya datang sekitar pukul 09.00 WIB,  T yang masuk dan mengambil barang-barang dari dalam kios, dan tersangka Arif di luar yang menerima barang curian hingga tiga karung langsung kabur dengan dinaikan becak. 
     Korban yang datang ke toko kain batik di Pasar Klewer, sekitar pukul 09.00 WIB, merasa kaget barang daganganya ludes dicuri orang dengan merusak pintu rolling door. Korban melaporkan kejadian itu, ke Polsek Pasar Kliwon untuk penyelidikan.
     "Kami langsung meminta keterangan saksi dan melihat rekaman CCTV yang terpasang di sudut-sudut Pasar Klewer, dan korban ternyata juga mengenali pelaku di rekaman monitor. Polisi langsung menangkan di rumah kosnya," katanya.
     Selain itu, polisi juga sudah menengali pelaku lainnya, yakni T,  karena dia merupakan residivis kasus pencurian yang sudah tiga kali masuk tahanan. T sudah bebas dari masa hukuman sebulan ini.
     Tersangka Arif akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian Dengan Pemberatan, ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara. T hingga kini masih dalam pengejaran masuk daftar pencarian orang (DPO).

 
Pewarta :
Editor: Zuhdiar Laeis
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar