Pekalongan gelar Festival Pekan Batik Nusantara

id Pekan Batik Nusantara, Pekalongan

Pekalongan gelar Festival Pekan Batik Nusantara

Salah seorang peserta karnaval batik pada kegiatan Pekan Batik Nusantara (PBN) 2018 yang diselenggarakan Pemkot Kota Pekalongan. (Foto: Kutnadi)

Pekalongan (Antaranews Jateng) - Ratusan peserta karnaval memeriahkan Festival Pekan Batik Nusantara (PBN) 2018 yang diselengarakan oleh Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu siang.

Ketua Panitia Pekan Batik Nusantara 2018 Sri Ruminingsih di Pekalongan, Minggu, mengatakan bahwa kegiatan karnaval batik ini dimulai dari Stadion Hoegeng Kraton dan berakhir di kawasan budaya Jetayu.

"Kegiatan karnaval batik ini oleh 800 peserta terdiri atas penampil kostum dari organisasi perangkat daerah (OPD), siswa sekolah dasar, SMP, SMA, dan masyarakat. Tampil pula partisipasi peserta dari Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Pekalongan," katanya.

 Menurut dia, kegiatan karnaval batik ini juga dimeriahkan oleh kelompok seni budaya dan kelompok drum band Kota Pekalongan.

Adapun tujuan penyelenggaraan kegiatan karnaval batik ini, kata dia, untuk meningkatkan dan mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam pembuatan kostum, serta mengapresiasi para generasi muda dan masyarakat terhadap hasil karya seni batik.
 
"Kami berharap melalui pameran kostum karnival batik ini mampu meningkatkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing berkunjung ke Kota Pekalongan," katanya.

 Ia mengatakan karnaval batik merupakan salah satu wisata budaya di Kota Pekalongan yang senantiasa dipromosikan baik di kancah nasional maupun internasional.

Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz mengaku kagum terhadap penampilan para peserta karnaval batik karena kostum yang ditampilkan sangat unik dan menarik.

 "Kami berharap para juri benar-benar memilih peserta yang terbaik karena mereka yang meraih juara berkostum batik karnival mewakili Kota Kota Pekalongan pada kegiatan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang digelar di Solo, 25 oktober 2018," katanya.


 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar