Piala AFC U-19, Indonesia taklukkan Taiwan 3-1

id timnas

Piala AFC U-19, Indonesia taklukkan Taiwan 3-1

Gelandang tim nasional U-19 Indonesia Witan Sulaeman (kanan) merayakan golnya bersama rekan-rekannya dalam laga Grup A Piala U-19 Asia 2018 kontra Taiwan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (18/10). Indonesia memenangkan laga itu dengan skor 3-1. (2018 Asian Football Confederation)

Jakarta (Antaranews Jateng) - Dua gol dan satu assist Witan Sulaeman sukses membawa tim nasional sepak bola U-19 Indonesia menaklukkan Taiwan dengan skor 3-1 di laga Grup A Piala U-19 Asia 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis.

Witan, pemain termuda di skuat timnas U-19 Indonesia dengan usia 17 tahun, menorehkan assist untuk gol pertama Indonesia yang dicetak Egy Maulana Vikri di menit ke-50. 

Dia lalu mencetak gol pada menit ke-70 melalui sundulan dan gol keduanya dipersembahkannya pada di menit ke-89. Sementara gol Taiwan dibuat pada menit ke-52 oleh Wang Chung-Yu.

Kemenangan itu membuat Indonesia untuk sementara memimpin Grup A dengan keunggulan selisih gol dari peringkat dua Uni Emirat Arab yang menaklukkan Qatar 2-1 di laga sebelumnya.

Indonesia tampil mendominasi sejak awal pertandingan. Bahkan di menit kedua, Indonesia langsung mendapatkan kesempatan mencetak gol pertama melalui sepakan Asnawi Mangkualam yang melebar.

Anak-anak asuh Indra Sjafri yang mengandalkan penguasaan bola dengan umpan-umpan pendek terus menekan setelahnya. Namun, pertahanan ketat Taiwan membuat Indonesia beberapa kali melakukan tendangan dari luar kotak penalti.

Seperti terjadi di menit ke-21, di mana sepakan Muhammad Luthfi dari luar kotak penalti masih dapat ditepis kiper Taiwan Li Guan-Pei.

Sepakan jarak jauh lagi-lagi dilakukan oleh Asnawi Mangkualam pada menit ke-35, tetapi Li Guan-Pei menghadangnya dengan sigap.

Tak ada gol lain tercipta di babak pertama. Skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Indonesia tidak menurunkan tensi permainan. Terus menggempur pertahanan Taiwan, Indonesia akhirnya menorehkan gol dari kaki Egy Maulana Vikri di menit ke-50 yang memanfaatkan umpan Witan Sulaeman.

Adapun bola sampai ke kaki Egy karena bek Taiwan Karl Josefsson gagal membuang bola dari kotak penalti.

Dua menit kemudian, Taiwan berhasil menyamakan kedudukan dari tendangan Wang Chung-Yu. Ini juga terjadi karena kesalahan bek, di mana Nurhidayat Haji Haris gagal mengantisipasi operan silang Taiwan dari sisi kiri pertahanan Indonesia.  

Skor 1-1 membuat laga berjalan semakin cepat karena kedua tim mengincar gol tambahan. Indonesialah yang akhirnya mendapatkan gol kedua, sumbangan Witan Sulaeman di menit ke-70.

Gol Witan tersebut diawali sepakan bebas Muhammad Luthfi Kamal yang ditepis kiper Taiwan. Bola pantulan tersebut disundul Witan masuk ke dalam gawang.

Witan mengakhiri penampilan impresifnya di laga tersebut dengan gol keduanya yang ditorehkan di menit ke-89. Skor menjadi 3-1 untuk kemenangan Indonesia dan tak berubah sampai pertandingan tuntas.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-19 Indonesia: Muhamad Riyandi, Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris (kapten), Rachmat Irianto, Firza Andika, Muhammad Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman (90+2', Hanis Saghara), Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani (81', Feby Eka Putra), Muhammad Rafli Mursalim (73', Todd Rivaldo Ferre).

Timnas U-19 Taiwan: Li Guan-Pei, Hou Pin-I, Fong Shao-Chi (65', Wang Yi-You), Kenneth Huang (38', Karl Josefsson), Lan Hao-Yu, Wu Yen-Shu, Huang Jyun-Wun, Will Donkin, Wang Chung-Yu (67', Miguel Sandberg), Chiu Po-Jui, Tu Shao-Chieh. 

 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar