Teknik Kimia UMS promosi lewat Gelar Teknologi Kimia

id Ums, gtk

Teknik Kimia UMS promosi lewat Gelar Teknologi Kimia

Jurusan Teknik Kimia UMS menyelenggarakan "workshop schoology" bagi para guru pendamping peserta olimpiade (Foto: Aris Wasita)

Sukoharjo (Antaranews Jateng) - Jurusan Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melaksanakan Gelar Teknologi Kimia (GTK) XIX pada tanggal 12-13 Oktober 2018 untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat, khususnya siswa SMA agar masuk ke UMS.

"Tujuan utama GTK ini sebagai sarana promosi Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik UMS," kata Ketua Panitia GTK XIX Falido Wisnu Guntoro di Kampus UMS Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu.

Ia mengatakan kali ini GTK XIX diikuti sebanyak 91 siswa dari berbagai sekolah. Menurut dia, peserta memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Jawa Tengah.

"Pada tahapan olimpiade ini ada dua tahapan yang harus dilalui, yaitu ujian pilihan ganda dan ujian soal essai.?Total nilai dari kedua tahapan tersebut?diakumulasikan lalu diambil 15 finalis," katanya.

Adapun olimpiade tidak hanya diikuti oleh siswa SMA tetapi juga mahasiswa.

Untuk tingkat perguruan tinggi diadakan "Chemical Engineering Scientific Paper Competition" (Chespection) atau LKTI.?

"Sebanyak 11 tim mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia, di antaranya Politeknik Perkapalan Surabaya, Institut Teknologi Kalimantan, UNS, dan Universitas Setia Budi Surakarta," katanya.

Ia mengatakan "Chespection" adalah inovasi yang meliputi materi teknologi kimia secara umum dan saat ini sudah mengerucut ke teknologi kimia.

"Pada tahapan ini dilaksanakan pengumpulan abstrak karya tulis, presentasi, dan expo. Sebanyak 40 karya abstrak terkumpul dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Lalu ada pengumpulan full makalah yang dinilai oleh tiga juri. Para juri berasal dari UMS, UNS, dan Universitas Setia Budi," katanya.

Sebagai rangkaian acara, pihaknya juga menyelenggarakan "workshop schoology" bagi para guru pendamping peserta olimpiade.?

"`Schoology` adalah sistem pembelajaran secara `online`. Tujuan dari `workshop?schoology` ini untuk memudahkan para guru dalam memberikan materi pada siswa," demikian Falido Wisnu Guntoro.
 
Pewarta :
Editor: Heru Suyitno
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar