Pertukaran pelajar, ajang kenalkan kemajemukan budaya

id taj yasin

Pertukaran pelajar, ajang kenalkan kemajemukan budaya

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. (Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Jateng).

Semarang (Antaranews Jateng) - Pertukaran pelajar antarnegara diharapkan bisa menjadi ajang memperkenalkan kemajemukan budaya Indonesia khususnya Provinsi Jawa Tengah, salah satunya dengan saling berbagi pengetahuan budaya antarpeserta.
 
"Budaya Indonesia termasuk Jateng begitu majemuk, tapi masyarakat dapat hidup berdampingan secara harmonis dan Indonesia juga negara yang sangat toleran dengan keberagaman suku, agama, serta bahasa daerahnya," kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen di Semarang, Kamis.
 
Menurut dia, masyarakat Jateng pada umumnya merupakan masyarakat yang ramah, serta menjunjung tinggi perbedaan dan demokrasi.
 
"Apa yang digambarkan oleh dunia bahwa muslim adalah radikal akan kita tepis di negara ini, khususnya Jateng," ujarnya.
 
Hal tersebut disampaikan Gus Yasin, sapaan akrab Wagub Jateng, saat menyambut peserta program pertukaran pelajar antara SMA Negeri 5 Semarang dengan Heinrich Heine Gymnasium, Hamburg, Jerman.
 
Gus Yasin berharap penjajakan kerja sama program pertukaran pelajar tersebut terus berlanjut, seperti halnya, kerja sama di bidang pendidikan antara Pemprov Jateng dengan beberapa negara yang sudah berlangsung hingga saat ini.
 
Khusus kepada 19 siswa SMA Negeri 5 Semarang yang mengikuti program pertukaran pelajar, Gus Yasin menyampaikan apresiasi karena yang bersangkutan telah berperan sebagai duta Provinsi Jateng dalam memromosikan seni budaya lokal di Jerman.
 
Politikus Partai Persatuan Pembangunan itu berpesan agar siswa dari dua negara tersebut senantiasa merawat persahabatan yang telah mereka jalin melalui program pertukaran pelajar ini.
 
"Rawat persahabatan yang telah terjalin bersama teman-teman baru kalian selamanya. Apa yang kalian peroleh di Jerman bisa kalian tularkan kepada kawan-kawan, tidak hanya di SMA Negeri 5 Semarang saja, tapi juga kepada teman-teman bermain di lingkungan kalian bahwa Indonesia perlu ide-ide cemerlang untuk memajukan republik, khususnya Jateng," katanya.
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar