Sosialisasikan program, BKKBN gelar lomba jingle lagu

id bkkbn,lomba jigle,sosialisasikan program

Sosialisasikan program, BKKBN gelar lomba jingle lagu

Kepala BKKBN Provinsi Jawa Tengah Wagino (dua dari kiri) dan Ratih Dewantisari, juri dari perwakilan BKKBN (paling kiri) menyerahkan hadiah kepada lima pemenang lomba jingle terpilih pada Minggu (7/10) malam. (Foto: Nur Istibsaroh)

Semarang (Antaranews Jateng) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jateng terus melakukan sosialisasi program KB dan pembangunan keluarga salah satunya dengan menggelar lomba jingle (lagu singkat) yang menarik pendengar.

"Targetnya kalangan remaja dan antusias mereka sangat luar biasa. Materi yang mereka sampaikan lewat jingle mudah dipahami," kata Kepala BKKBN Provinsi Jawa Tengah Wagino di sela acara penyerahan hadiah kepada lima pemenang terpilih pada Minggu (7/10) malam.

Wagino menjelaskan, tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan lomba jingle dan antusias peserta lebih banyak yakni 40 peserta (tahun lalu 25 peserta) dan dipilih 15 peserta yang masuk nominasi untuk memperebutkan juara 1 hingga harapan 2.

BKKBN, lanjut Wagino, optimistis sosialisasi program KB dan pembangunan keluarga melalui jingle lagu akan lebih mengena, apalagi yang menyampaikan sama-sama remaja.

Materi yang diusung antara lain mengenai kepedulian remaja terhadap kondisi kependudukan dan manfaat bonus demografi, program generasi berencana dan penyiapan kehidupan keluarga, kebahagiaan keluarga yang dibangun dengan perencanaan matang (sehingga tidak nikah dini), dan menghilangkan keraguan mengenai keluarga berencana.

Ratih Dewantisari, juri dari perwakilan BKKBN menambahkan bahwa salah satu penilaian dari lomba jingle adalah materi yang disampaikan mudah didengar, mudah diingat, dan mudah diimplementasikan masyarakat.

"Seluruh materi yang dibawakan peserta bagus semua. Ada yang mengenai Kampung KB, Genre, jangan nikah dini, dan harus terus berprestasi. Materi juga ada yang dibawakan dengan musik gendingan serta sebagian menggunakan Bahasa Jawa. Jadi sangat menarik," kata Ratih.

Widiartono, juri lain dari budayawan menambahkan bahwa musik sebagai sarana atau alat untuk menyampaikan pesan agar lebih menarik dan dari seluruh peserta mampu menyampaikan dengan baik.

"Jadi kami melihatnya dari keseluruhan lagu yang dibawakan, ada jingle yang bisa dipotong dan itu materi atau pesan yang ingin disampaikan masuk," katanya.

Dari 15 nominasi, terpilih juara pertama Delapan Belas Band (Kabupaten Karangayar), juara dua dari SMKN 1 Boja (Kabupaten Kendal), juara tiga dari Sendyakala Band (Kabupaten Tegal), harapan pertama diraih Harmony Amourest Band (Kabupaten Karanganyar), dan harapan kedua diraih Dhevy Indah n Friends (Kabupaten Klaten).


 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar