Pangdam: Apel Tiga Pilar Dukung Kesuksesan Pemilu

id apel tiga pilar

Pangdam: Apel Tiga Pilar Dukung Kesuksesan Pemilu

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto saat memberi keterangan kepada wartawan usai Apel Tiga Pilar Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Kades/Lurah di Alun-Alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (2-10-2018). (Foto: Sumarwoto)

     Purwokerto (Antaranews Jateng) - Apel tiga pilar yang meliputi Babinsa, Bhabinkamtimbas, dan kepala desa/lurah merupakan bagian dari upaya untuk mendukung kesuksesan Pemilihan Umum 2019, kata Panglima Komando Daerah Militer IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Wuryanto.

     "Yang paling penting sebetulnya, unsur pimpinan di tingkat provinsi, saya, Pak Kapolda, Pak Gubernur sebenarnya ingin sekali menyampaikan rasa terima kasih dan bangga kepada tiga pilar utama tadi (Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan kades/lurah, red.)," kata Mayor Jenderal TNI Wuryanto di Alun-Alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa petang.

     Pangdam mengatakan hal itu kepada wartawan usai "Apel Tiga Pilar: Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades/Lurah Dalam Rangka Mewujudkan Pileg dan Pilpres 2019 yang Aman, Damai, dan Sejuk di Wilayah Kabupaten Banyumas". Acara ini juga dihadiri Kapolda Jateng Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono.

     Menurut Mayor Jenderal TNI Wuryanto, tiga pilar tersebut telah menjalankan tugas dengan baik sehingga Jawa Tengah dan seluruh kabupaten/kota di provinsi itu menjadi wilayah yang paling kondusif serta paling sukses dalam melaksanakan Pilkada Serentak 2018.

     "Ke depan ada momentum kegiatan agenda nasional yang sangat strategis untuk memilih pimpinan maupun perwakilan di legislatif. Ini memang hampir sama dengan pelaksanaan tugas pada pilkada kemarin," kata Pangdam.

     Akan tetapi, kata Mayor Jenderal TNI Wuryanto, banyak sekali hal-hal yang harus diantisipasi karena memang banyak permasalahan.

     Oleh karena itu, lanjut Pangdam, pihaknya merasa perlu untuk mengingatkan tiga pilar tersebut agar makin solid dan sinergitas yang sudah tercipta supaya ditingkatkan kembali.

      "Dengan demikian, sukses Pemilu 2019 betul-betul bisa mengantarkan terpilihnya pimpinan-pimpinan nasional yang sesuai dengan hati nurani rakyat semuanya, kemudian terpilihnya wakil-wakil rakyat, baik di pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota dan perwakilan dari DPD," kata Mayor Jenderal TNI Wuryanto.

     Pangdam mengatakan bahwa apel tiga pilar tersebut merupakan inisiatif dari Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono dan diperkirakan baru Jawa Tengah yang melaksanakannya.

     "Mudah-mudahan menjadi contoh bagi polda yang lain, kodam yang lain, karena ini sangat penting dan sangat bagus," kata Mayor Jenderal TNI Wuryanto.
  
Menyinggung soal kemungkinan Kodam IV/Diponegoro mengirimkan personel untuk membantu penanganan bencana tsunami di Palu dan Donggala, Pangdam mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya belum memberangkatkan personel ke dua daerah itu.
     
"Kodam IV hari ini belum menurunkan (personel). Akan tetapi, Kodam IV sangat siap untuk sewaktu-waktu diberangkatkan ke sana," kata Pangdam Mayor Jenderal TNI Wuryanto.
Pewarta :
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar