Pertengahan Oktober, Jembatan Tanggulangin dijadwalkan ditutup

id penutupan jembatan tanggulangin,ditunda,oktober 2018

Pertengahan Oktober, Jembatan Tanggulangin dijadwalkan ditutup

KUDUS - Jembatan Kolonel Sunandar atau dikenal Jembatan Tanggulangin yang sebelah kiri nantinya bakal ditutup guna kelancaran pembangunan jembatan yang baru. (FOTO: Akhmad Nazaruddin Lathif)

  Kudus (Antaranews Jateng) - Penutupan Jembatan Kolonel Sunandar atau dikenal dengan Jembatan Tanggulangin guna memperlancar pembangunan jembatan baru akhirnya diundur menjadi pertengahan Oktober 2018 dari rencana sebelumnya, 14 September 2018 .

"Alasan penutupannya diundur dari jadwal semula karena untuk pertimbangan supaya kerugian waktu yang akan dialami pengguna jalan bisa diminimalkan," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Karangsawah dan Jembatan Kolonel Sunandar Alik Mustakim di Kudus, Senin.

Meskipun demikian, dia memastikan bahwa pengerjaan jembatan tetap bisa selesai sesuai perencanaan.

Untuk saat ini, katanya, progres pembangunannya sudah mencapai 23 persen.?Pembangunan Jembatan Kolonel Sunandar dimulai sejak 21 Desember 2018 dan ditargetkan tuntas pada Juni 2019.

Proyek pembangunan jembatan tersebut dengan nilai kontrak tahun jamak dianggarkan oleh pemerintah pusat lewat APBN Rp115,55 miliar, yakni pada 2017, 2018 dan 2019.?

Jembatan yang baru memiliki panjang sekitar 170 meter dengan lebar 11 meter, sedangkan panjang total dari mulai pengerasan jalan pendekat (oprit) jembatan hingga stasiun (Sta) nol mencapai 600 meter.

Pemkab Kudus sebelumnya juga sempat mengutarakan keinginan agar rencana penutupan salah satu jembatan di Dukuh Tanggulangin, Desa Jatiwetan, Kabupaten Kudus itu dilaksanakan setelah pelantikan bupati terpilih, Muhammad Tamzil dan Hartopo. Bupati Kudus tersebut, dilantik pada Rabu ini di Semarang.

Kasat Lantas Polres Kudus AKP Eko Rubiyanto melalui Kepala Urusan Pembinaan Operasi Lalu Lintas Iptu Sucipto membenarkan adanya penundaan penutupan salah satu Jembatan Tanggulangin.

"Karena mempertimbangkan faktor dampak di lapangan, ketika pekerjaan yang seharusnya sampai di badan jalan masih ditunda sementara tentunya lebih baik," ujarnya.

Dalam rangka mengantisipasi kemacetan, kepolisian sudah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas terkait dengan penutupan salah satu Jembatan Tanggulangin, termasuk menyiapkan jalur alternatifnya untuk arus lalu lintas dari arah Semarang.

Dengan ditutupnya salah satu jembatan tersebut, maka arus lalu lintas dari arah Semarang yang biasanya melintasi jembatan lama, dialihkan ke jembatan sebelahnya yang selama ini untuk melintas kendaraan dari arah Pati dan Kudus menuju Semarang, sehingga menjadi dua arah.?

Satlantas Polres Demak juga sudah menyiapkan jalur alternatif untuk mengurai kepadatan arus lalulintas dari arah Demak menuju Kudus.

Arus lalu lintas dari arah Semarang, untuk menghindari kemacetan, bisa lewat Trengguli-Kalinyamatan-Mayong Jepara-Kudus dengan estimasi jarak sekitar 50 kilometer.

Alternatif kedua, kendaraan yang melintas dari arah Semarang bisa melintasi jalur Purwodadi, mulai Jalan Lingkar Demak-Brati-Prawoto-Jalan Lingkar Tanjung Kudus, dengan jarak sekitar 60 kilometer.

Jalur alternatif dari arah Pati bisa melalui melalui Undaan saat sampai di Proliman Tanjung, menuju Klambu, kemudian menuju Godong, Mranggen dan Semarang, sedangkan alternatif kedua melalui Welahan Jepara hingga Trengguli, Demak.

Kepolisian Resor Kudus juga melakukan simulasi penutupan Jembatan Tanggulangin pada 14 September 2018 sekitar pukul 13.00 hingga 15.30 WIB.

Simulasi tersebut, mengakibatkan antrean panjang kendaraan dari arah Demak menuju Pati maupun dari Kudus menuju Semarang karena ada kepadatan saat hendak memasuki satu jembatan untuk melintas kendaraan dari dua arah, yakni dari Semarang menuju Pati dan sebaliknya dari arah Pati menuju Semarang.

Berdasarkan pantauan, antrean kendaraan cukup panjang justru terjadi dari arah Semarang hingga mencapai ratusan meter karena 200 meter sebelum melintasi jembatan harus berbelok menuju ruas jalan yang sebelumnya untuk kendaraan dari arah Kudus menuju Semarang.

Akibatnya, kendaraan yang melintas tempat itu harus menurunkan kecepatan karena padatnya kendaraan, baik dari arah Semarang maupun Pati.

Petugas Satlantas Polres Demak dan Kudus juga disiagakan di lokasi untuk mengatur arus lalu lintas dari arah Semarang dan Pati. 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar