Libatkan pelajar, Polres Batang bentuk kader tertib berlalu lintas

id Kader PKS

Libatkan pelajar, Polres Batang bentuk kader tertib berlalu lintas

Kepala satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP M. Adiel Ariesto bersama pelajar SMA yang terpilih sebagai kader PKS. (Foto Kutnadi)

Batang (Antaranews Jateng) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, membentuk kader tertib dan disiplin berlalu lintas kendaraan dengan melibatkan ratusan pelajar sekolah menengah atas (SMA) sederajat di daerah setempat.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Batang AKP M. Adiel Ariesto di Batang, Kamis, mengatakan bahwa ada 19 sekolah yang mengirim para pelajarnya untuk mengikuti lomba patroli keamanan sekolah (PKS) yang nantinya akan dipilih menjadi kader tertib berlalu lintas.

"Kegiatan patroli keamanan sekolah merupakan budaya yang bagus yang harus dilestarikan sehingga perlu dibentuk kaderisasinya karena setiap tahunnya mereka akan lulus sekolah," katanya.

Adapun kriteria pelajar yang terpilih sebagai patroli keamanan sekolah ini, kata dia, antara lain dari kekompakan, sikap, dan tata cara berpakaian seragam.

"Kami berharap para pelajar yang terpilih sebagai kader ini juga dapat menyadarkan pada teman-teman di sekolahnya tidak melakukan konvoi kendaraan saat merayakan kelulusannya," katanya. 

Ia mengatakan para pelajar yang terpilih menjadi PKS akan membantu tugas kepolisian untuk mengatur arus lalu lintas maupun penanganan kecelakaan di jalan raya di dekat sekolahnya," katanya.?

"Para pelajar yang terpilih menjadi kader PKS ini merupakan sebagai ujung tombak di sekolah agar mereka dapat mensosialisasikan pada pelajar lainnya di sekolahnya," katanya.

Ia menambahkan kader PKS ini, dapat menjadi "polisi" di antara teman-teman di sekolahnya karena mereka bisa mengarahkan dan memupuk rasa jiwa kepolisian, serta menjadi pimpinan yang profesional ketika sudah terjun di masyarakat.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar