Pendaftaran CPNS untuk Tenaga Honorer Dibatasi Usia

id pendaftaran cpns,dari tenaga honorer,dibatasi usia

Pendaftaran CPNS untuk Tenaga Honorer Dibatasi Usia

Sejumlah PNS di Kabupaten Kudus tengah berfoto bersama di Alun-alun Kudus. (pendaftaram cpns, dari tenaga honorer, dibatasi usia,)

Kudus (Antaranews Jateng) – Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Kudus untuk tenaga honorer kategori dua (K-2) dibatasi usia maksimal 35 tahun.

"Formasi yang disediakan untuk tenaga honorer K-2 di Kabupaten Kudus memang banyak karena mencapai 29 formasi sehingga persaingannya tidak terlalu ketat dibandingkan dengan formasi umum," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan, dan Pendidikan (BKPP) Kudus Yuliono Tri Nugroho di Kudus, Rabu.

Ada persyaratan usia bagi tenaga honorer K-2 untuk tenaga pendidik nantinya memiliki usia maksimal 35 tahun.

Untuk kepastian persyaratan secara lengkap, termasuk pendaftaran CPNS untuk formasi umum, menunggu hasil koordinasi Pemprov Jateng dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

"Penentuan jadwal pelaksanaan perekrutannya juga menunggu hasil koordinasi tersebut," ujarnya.

BKN Pusat menginginkan pembukaan pendaftaran, mulai 19 September 2018 hingga akhir Desember 2018.

Untuk formasi umum meliputi guru sebanyak 362 orang, tenaga kesehatan sebanyak 35 orang, dan tenga teknis sebanyak 12 orang.

Dengan demikian, kata dia, jumlah keseluruhan formasi CPNS tahun 2018 sebanyak 438 formasi.

Jumlah tersebut lebih rendah daripada usulan Pemkab Kudus untuk formasi CPNS 2018 kepada Pemerintah Pusat sebanyak 509 formasi.

Dalam mempersiapkan penerimaan CPNS tersebut, Pemkab Kudus juga mengirimkan dua petugas untuk mengikuti bimbingan sebagai administrasi yang diselenggarakan oleh BKN wilayah.

"Mereka nantinya yang bertugas melakukan verifikasi persyaratan pendaftaran dari para peserta seleksi CPNS," ujarnya.

Seleksi CPNS nantinya menggunakan sistem computer assisted test (CAT) dengan soal yang menyediakan dari pusat, sedangkan daerah hanya memfasilitasi pelaksanaannya.
Pewarta :
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar