Polbangtan fasilitasi pelatihan dan pemeliharaan alsintan

id polbangtan, alsintan, quick

Polbangtan fasilitasi pelatihan dan pemeliharaan alsintan

Pelatihan penggunaan dan pemeliharaan alat dan mesin pertanian (alsintan) (Foto: Polbangtan/tantyanuar)

Magelang - Sekitar 70 peserta dari kelompok tani se-Kabupaten Wonosobo, Dinas Pertanian dan Peternakan, PPL BPP, Kodim, dan Koramil Selomerto, Kabupaten Wonosobo mengikuti kegiatan bertajuk Pelatihan Operasional dan Maintenance Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan), Senin (10/9). 

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber Wawan KHS dari Quick, produsen alsintan dan Ir. Ali Rachman, M. Si selaku Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (kini menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian - Polbangtan Magelang) sekaligus Penanggung Jawa Upaya Khusus (Upsus) Provinsi Jawa Tengah.

Pelatihan berlangsung di Kelompok Tani UPJA Subur Jaya, Desa Selomerto, Kecamatan Selomerto dengan didampingi Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) Polbangtan Magelang, Drs. Akimi, MM. 

Ali Rachman menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian akan terus mendorong petani di Indonesia uuntuk maju sekaligus membantu mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia pada tahun 2045.

Tekad tersebut dibuktikan dengan banyaknya fasilitas alsintan yang diberikan kepada petani agar mereka bisa makin berkembang.

"Tak hanya itu, Kementan juga mendorong anak muda terlibat dalam pembangunan pertanian di desa dengan menerapkan sistem pertanian modern sehingga dapat membantu kesejahteraan bangsa," katanya menambahkan.

Petugas dari Quick sebagai narasumber saat kegitan mempraktikkan pengoperasian serta pemeliharaan (maintenance) alsintan yang telah diberikan oleh Kementan, khususnya kepada para petani di Desa Wulungsari. (Polbangtan/tantyanuar)
 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar