Mahasiswa baru Polbangtan Magelang jalani pembinaan karakter

id polbangtan, pembinaan karakter, mabidama

Mahasiswa baru Polbangtan Magelang jalani pembinaan karakter

Mahasiswa baru Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta di Magelang mengikuti pembinaan karakter yang diisi oleh narasumber di bidangnya. (Foto: Polbangtan/Tantyanuar)

Magelang - Mahasiswa baru Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta di Magelang, Jawa Tengah yang tiba di kampus Magelang pada 31 Agustus 2018, saat ini menjalani pembinaan karakter.

Materi pembinaan karakter tersebut merupakan bagian dari kegiatan Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa (Mabidama) bagi mahasiswa baru. Adapun pembinaan karakter tersebut meliputi Pra-PPA (Program Pengenalan Akademik), bela negara, outbond (mancakrida), serta Kemampuan Mahir Dasar (KMD) Pramuka. 

Kagiatan pembinaan karakter ini berlangsung selama 1 minggu, sejak mereka datang sampai Kamis (6 September 2018). Setelah itu dilanjutkan dengan KMD selama 5 hari .

Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa baru diajak untuk mengenal dan mencintai kampus dengan memompakan berbagai kobaran semangat, yel-yel, dan materi yang dipaparkan oleh masing-masing instansi unit yang ada di kampus. 

Selain itu, untuk kegiatan bela negara, instruktur didatangkan dari Dodik Bela Negara Rindam IV Diponegoro, Magelang. 

Pada awal mahasiswa baru memasuki Kampus Polbangtan di Magelang, Agustus lalu, mereka ditempatkan di aula kampus setempat. Saat itu mereka diterima dan disambut oleh mahasiswa senior, dengan kegiatan awal berupa pemeriksaan barang sekaligus pemotongan rambut bagi mahasiswa laki-laki. 

"Kami sampaikan selamat datang kepada adik-adik mahasiswa baru Polbangtan Magelang tahun kuliah 2018/2019. Pesan kami, jaga kesehatan dan stamina agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan," ujar Drh. Yudiani Rina Kusuma, MP selaku Wakil Ketua II Polbangtan Magelang. 

"Salah satu tujuan dari Mabidamai adalah menanamkan jiwa nasionalisme melalui Program Pembinaan Karakter (Bela Negara). Harapan kami, mahasiswa baru dapat menanamkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap almamater dan negara, terutama dalam pengabdiannya sebagai bagian dari Kementerian Pertanian." ujar Syafaat, S.ST selaku Ketua Panitia Mabidama 2018. 

Polbangtan Yogyakarta di Magelang merupakan transformasi dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang. Transformasi berlangsung mulai tahun perkuliahan baru 2018/2019. (polbangtan/tantyanuar)
 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar