Daerah terdampak kemarau di Banyumas nikmati bantuan air bersih

id air bersih

Daerah terdampak kemarau di Banyumas nikmati bantuan air bersih

Ilustrasi - Sejumlah warga sedang mengantre mendapatkan bantuan air bersih dari PMI di Dukuh Doyosari Desa Lanjaran Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali, Senin. (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

Purwokerto (Antaranews Jateng) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, hingga Selasa (14/8) telah menyalurkan 166 tangki air bersih ke sejumlah wilayah yang terdampak musim kemarau.

"Hingga kemarin malam sudah terdistribusikan 166 tangki bantuan air bersih," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas, Prasetyo Budi Widodo di Purwokerto, Rabu.

Pendistribusian air bersih, tambah dia, akan terus dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Kami sudah membuat jadwal petugas yang akan melakukan pendistribusian air bersih ke desa-desa yang mengalami kekeringan," katanya.

Meski demikian, kata dia, jadwal pendistribusian bisa berubah apabila ada penambaham jumlah desa yang terdampak.

"Pada saat ini desa terdampak antara lain Kemawi, Sumpiuh, Karanggedang, Gerduren, Kemiri, Binangun, Kradenan, Nusadadi, dan lain sebagainya," katanya.

Sebelumnya, dia juga berpesan kepada para pihak terkait untuk segera melaporkan kepada BPBD Banyumas apabila ada informasi terkait desa-desa yang terdampak musim kemarau.

"Pesan kami bagi desa-desa yang sudah terdampak musim kemarau untuk segera menginformasikan ke BPBD dan nantinya akan segera kami tindak lanjuti," katanya.

BPBD Banyumas juga mengingatkan kepada masyarakat untuk mengelola sumber daya air yang ada dengan baik.

"Gunakan air bersih secara bijak, kelola sumber air yang ada dengan baik," katanya.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar