KPU Temanggung verifikasi perbaikan dukungan calon DPD

id balal calon dpd

KPU Temanggung verifikasi perbaikan dukungan calon DPD

Ilustrasi - Salah satu parpol menyerahkan berkas perbaikan persyaratan bakal caleg di KPU Kabupaten Temanggung. (Heru Suyitno)

 Temanggung (Antaranews Jateng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung melakukan verifikasi faktual perbaikan syarat dukungan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Komisioner KPU Kabupaten Temanggung Yami Blumut di Temanggung, Kamis, mengatakan verifikasi faktual perbaikan syarat dukungan calon DPD tersebut berlangsung pada 30 Juli hingga 12 Agustus 2018.

Ia menyebutkan di Temanggung ada lima bakal calon anggota DPD yang melakukan perbaikan syarat dukungan.

Kelima bakal calon anggota DPD tersebut, yakni Budi Yuwono ada 2 sampel, Isnan Ahmad Juhardani 38 sampel, Kholison 15 sampel, Naibul Umam Eko Sakti 8 sampel, dan Abdul Rohim 41 sampel.

"Total syarat dukungan yang harus diverifikasi faktual KPU Kabupaten Temanggung ada 104 sampel," ucapnya.

Ia menyebutkan dari sebanyak 104 sampel tersebut, terdapat di Kecamatan Temanggung 3 sampel, Bulu 42 sampel, Tembarak 1 sampel, Tretep 4 sampel, Selopampang 3 sampel, Gemawang 3 sampel, Kaloran 42 sampel, Kandangan 4 sampel, Ngadirejo 1 sampel, dan Jumo 1 sampel.

Ia menuturkan kalau dalam verifikasi faktual belum ketemu orang yang menjadi sampel nanti penghubung bakal calon DPD disuruh mendatangkan ke KPU.

"Kalau yang bersangkutan berada di luar Kabupaten Temanggung nanti bisa dilakukan dengan video call yang difasilitasi penghubung," ujarnya.

Ia menuturkan tanggal 13-14 Agustus 2018 nanti KPU Kabupaten Temanggung akan merekap hasil verifikasi, selanjutnya pada 16-17 Agustus 2018 akan disampaikan ke KPU provinsi untuk direkap.

"Ini perbaikan terakhir, nanti kalau tidak memenuhi berarti tidak lolos sebagai calon anggota DPD, meskipun syarat yang lain lolos," katanya.

Dalam verifikasi faktual perbaikan syarat dukungan ini KPU Kabupaten Temanggung membentuk tiga tim untuk melakukan verifikasi. 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar