Pangdam: Pembangunan wilayah desa realisasi dari Nawacita

id pangdam wuryanto

Pangdam: Pembangunan wilayah desa realisasi dari Nawacita

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto. (Foto: Sumarwoto)

Banyumas (Antaranews Jateng) - Pembangunan wilayah desa merupakan salah satu realisasi dari kebijakan nasional, yakni Nawacita yang ingin mewujudkan pembangunan Indonesia dari pinggiran, kata Panglima Komando Daerah Militer IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Wuryanto.
 
   "Lebih jauh, salah satu titik fokus dari pembangunan nasional ini berupaya untuk mewujudkan kestabilan dan kemajuan Indonesia secara keseluruhan. Melalui pembangunan inilah potensi yang ada di pedesaan harus dikembangkan dan kekurangan yang ada harus diatasi guna mencapai pemerataan, pertumbuhan, serta kemandirian desa secara berkelanjutan," katanya di Banyumas, Jawa Tengah, Rabu.

     Pangdam mengatakan hal itu saat membacakan sambutan tertulis Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono pada penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-102 Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2018 di Desa Sawangan, Kecamatan Ajibarang, Banyumas.

     Menurut dia, salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan tersebut adalah turut serta pada kegiatan TMMD Ke-102 Tahun Anggaran 2018 yang diselenggarakan selama 30 hari mulai tanggal 10 Juli sampai dengan 8 Agustus 2018.

     "Selain mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat, TMMD yang dilaksanakan tiga kali dalam setahun ini juga merupakan wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, serta ketahanan nasional guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia kepada masyarakat khususnya generasi milenial," katanya.

     Sementara dalam laporannya, Komandan Komando Distrik Militer 0701/Banyumas Letnan Kolonel Infanteri Wahyu Ramadhanus Suryawan mengatakan kegiatan TMMD Ke-102 Sengkuyung Tahap II di Desa Sawangan telah menyelesaikan sasaran fisik dan nonfisik.

     "Sasaran fisik berupa pengaspalan jalan sepanjang 2.000 meter dengan lebar 2,5 meter dan pembenahan enam unit rumah," katanya.

     Menurut dia, sasaran nonfisik yang telah dilaksanakan berupa kegiatan penyuluhan dan sosialisasi di antaranya dari TNI dan Polri.

     Dalam kesempatan terpisah, Penjabat Bupati Banyumas Budi Wibowo menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada TNI yang telah menyelenggarakan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Sawangan, Kecamatan Ajibarang.

     "Hasilnya, sungguh luar biasa karena ada penyatuan gerak pembangunan dari TNI, kemudian Polri, masyarakat, Linmas, semua komponen ikut terlibat di dalam kegiatan ini. Dan ini adalah dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat," katanya. 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar