255 UKM Umbulharjo terima kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan

id bpjs ketenagakerjaan,ukm

255 UKM Umbulharjo terima kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan

Dari kiri Kepala BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta Ainul Kholid , HR BP Operation Danone Indonesia I Ketut Muwaranata, pelaku UKM (tengah) Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Lucy Irawati (dua dari kanan), dan Camat Umbuharjo Mardjuki (paling kanan) seusai penyerahan secara simbolis kartu jaminan sosial ketenagakerjaan di Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. (Foto: Humas BPJS Ketenagakerjaan)

Semarang - Sebanyak 255 usaha kecil menegah (UKM) di Kecamatan Umbulharjo menerima kartu peserta perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta.

Penyerahan kartu kepesertaan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang berlangsung di Kantor Kecamatan Umbulharjo Jalan Galagahsari Yogyakarta, Jumat (3/8) tersebut diserahkan secara simbolis oleh HR BP Operation Danone Indonesia I Ketut Muwaranata, Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Lucy Irawati, Camat Umbuharjo Mardjuki, dan Kepala Cabang Yogyakarta Ainul Kholid.

"Kegiatan ini (penyerahan kartu perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, red.) merupakan bagian dari tindak lanjut Program Gandeng Gendong Pemerintah Kota Yogyakarta bagi pelaku UKM penerima Corporate Social Responsibility (CSR) PT Sari husada Generasi Mahardika (SGM)," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta Ainul Kholid.

Program Gandeng Gendong, lanjut Ainul Kholid, ditindaklanjuti Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta bekerja sama SGM serta gandeng BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta.

Camat Umbuharjo Mardjuki menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan perhatian kepada para warga dan sebagai bentuk dukungan, seluruh perwakilan RW se-Kecamatan Umbulharjo hadir dalam kesempatan tersebut. 

Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Lucy Irawati mengaku bangga dengan respon positif semua pihak untuk mewujudkan perlindungan tenaga kerja khususnya UKM yang merupakan pelaku ekonomi yang memiliki daya tahan luar biasa dalam menghadapi tantangan di era saat ini. 

Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan mencarikan perlindungan bagi masyarakat yang bergerak di UKM untuk mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan dengan dua program Jamianan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

"Mari kita sama-sama meningkatkan kesejahteraan, karena pentingnya jaminan ketenagakerjaan sosial bagi saudara yang begerak di berbagai bidang. Kami mohon bisa menyebarkan luaskan informasi ini agar masyarakat sadar manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Lucy Irawati.

HR BP Operation Danone Indonesia I Ketut Muwaranata berharap penyerahan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada 255 UKM Umbulharjo dengan 675 tenaga kerja tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masayarakat. 

"Ini salah satu program SGM mengukuhkan komitmen. Selain berbisnis, kami (SGM,red.) juga mempunyai program sosial," kata I Ketut Muwaranata.

I Ketut Muwaranata berharap dengan adanya bantuan tersebut, para UKM akan lebih madiri, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan berharap ke depan bisa berkontribusi lebih besar lagi kepada masyarakat sekitar.

Sri Gati, pemilik UKM ayam bakar cabe ijo yang mendapatkan CSR dari SGM mengaku sangat terbantu dengan Program Gandeng Gendong Pemerintah Kota Yogyakarta bagi pelaku UKM penerima Corporate Social Responsibility (CSR) PT Sari husada Generasi Mahardika (SGM).

"Saya berharap program ini bisa menularkan yang lainnya dan saya mengucapkan banyak terima kasih kepada SGM yang telah memberikan perlindungan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan," kata Sri Gati.
 
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar