Jateng siap bantu penanganan gempa di Lombok

id gempa bumi

Jateng siap bantu penanganan gempa di Lombok

Ilustrasi kerusakan bangunan akibat gempa Bumi. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

 Semarang (Antaranews Jateng) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap membantu penanganan setelah gempa bumi di Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8) malam.

"Kalau diminta kita siap membantu, semua elemen di Jateng sudah `stand by`," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Senin.

Secara khusus, ia menyampaikan turut berduka cita atas bencana alam yang menewaskan puluhan orang serta kerusakan berbagai bangunan di Lombok.

Politikus PDI Perjuangan itu, menyebutkan selain personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang siap diperbantukan ke Lombok, bantuan berupa bahan makanan, obat-obatan, dan selimut juga segera dikirim untuk para korban gempa bumi.

"Bantuan untuk korban yang terkena dampak dari gempa bumi di Lombok akan dikirimkan sore ini," ujarnya.

Menurut Ganjar, gempa bumi di Lombok menjadi pelajaran bagi masyarakat Jateng yang juga sering mengalami berbagai bencana alam, terutama dalam membangun rumah atau bangunan yang harus memperhitungkan potensi bencana di daerah tersebut.

"Ini penting bagi kita karena sering terjadi kebencanaan di Jateng, perlu ada pelatihan kebencanaan bagi masyarakat agar ada potensi pengurangan risiko bencana," katanya.

Gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter di Lombok Utara, Provinsi NTB, pada Minggu (5/8) malam.

Gempa bumi yang berpusat di kedalaman 15 kilometer serta berlokasi di koordinat 8,37 Lintang Selatan dan 116,48 Bujur Timur itu mengakibatkan 91 orang meninggal dunia dan ratusan orang luka-luka.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar