TMMD tumbuhkan semangat gotong royong

id TMMD Wonogiri semangat gotong royong

TMMD tumbuhkan semangat gotong royong

Sejumlah anggota Satgas TMMD Reguler Ke-102 Kodim 0728/Wonogiri bersama masyarakat membangun jalan dengan dicor di Dusun Dadapan, Desa Sukoharjo Kecamatan Tirtomoyo, Selasa (17/7). (Foto: Kantor Penerangan Kodim 0728/Wonogiri)

Wonogiri  (Antaranews Jateng) - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-102 oleh Kodim 0728/Wonogiri di Dusun Dadapan, Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo menumbuhkan kembali semangat gotong rotong masyarakat pedesaan.

Komandan Satgas TMMD Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh melalui Dansatlak Kapten Inf Budi Utama di Wonogiri, Selasa, mengatakan dalam TMMD terasa adanya kebersamaan masyarakat dengan personel Satgas TMMD yang terdiri atas prajurit TNI, Polri, dan segenap komponen bangsa lainnya di daerah itu.

Budi Utama mengatakan TMMD oleh Satgas Kodim 0728/Wonogiri merupakan kegiatan yang mendapat sambutan antusias masyarakat setempat. Mereka bersama-sama membangun jalan desa dengan dicor sehingga memudahkan akses umum untuk keluar masuk daerah itu.

"Masyarakat bersatu bersama Satgas TMMD terlibat dalam kegiatan pembangunan itu dengan penuh semangat kekeluargaan. Hal ini, menumbuhkan semangat gotong royong dalam kehidupan masyarakat," katanya.    

Bahkan, kata dia, kebersamaan tersebut tidak sekadar dalam pekerjaan infrastruktur oleh mereka yang laki-laki. Kalangan ibu juga berpartisipasi menyukseskan TMMD di daerah itu.

TMMD di Desa Sukoharjo Kecamatan Tirtomoyo selain dilakukan Satgas Kodim 0728/Wonogiri juga didukung anggota Yon Zipur-4, Yon Armed 3,  Lanud Adi Sumarmo, Zidam dan Kesdam, serta Pemkab Wonogiri bersama masyarakat setempat.

"Peran serta masyarakat untuk membantu prajurit TNI dalam kegiatan TMMD menunjukkan kemanunggalan TNI-rakyat tetap terpelihara dengan baik. Di samping itu, keikutsertaan aparat desa juga mencerminkan kerukunan antara anggota prajurit Kodim Wonogiri bersama warga," katanya.

Menurut dia, TMMD telah mengembalikan semangat gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Selain itu, katanya, TMMD selaras dengan program pemerintah daerah setempat.

Siko Maryono, Ketua RW 06 Dusun Dadapan, Desa Sukoharjo menyambut gembira pembangunan jalan cor desanya. Kondisi jalan itu, sebelumnya berupa jalan setapak dan sering becek.
 
"Saya mewakili warga sangat mengapresiasi kebersamaan dalam TMMD ini, sehingga Dusun Dadapan, Desa Sukoharjo kondisi jalan menjadi baik dan mulus," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar